Prosedur Pertolongan Pertama Pada Orang Dengan Gejala Hipoglikemia

Mengenal bagaimana cara menolong seseorang yang mengalami hipoglikemia atau kekurangan kadar gula di dalam tubuhnya baik dalam taraf ringan maupun berat. mari kita ulas bersama di artikel ini.
Gejala-gejala tersebut dapat ditanggulangi dengan mudah, yaitu cukup memberikan segelas minuman jeruk atau minuman manis lain. Selain itu dapat pula dengan memberinya makanan manis maupun kue yang mengandung karbohidrat. Dengan demikian disarankan kepada penderita diabetes terutama yang menggunakan insulin untuk selalu membawa kue maupun makanan manis ketika bepergian.
Akan tetapi ada pula kondisi hipoglikemia yang lebih berat. Dalam keadaan ini gula darah turun dengan cepat dan tiba-tiba. Penderita tidak sempat melakukan tindakan sehingga tiba-tiba tak sadarkan diri (pingsan). Biasanya hal ini terjadi pada penderita yang sudah lama sekali menggunakan insulin selama hidupnya (sekitar 15-20 tahun), sehingga tubuh tidak memiliki peringatan yang pasti tentang tanda-tanda munculnya hipoglikemia.
Apabila penderita mengalami keadaan demikian dapat dilakukan pertolongan dengan memberinya suntikan hormon glukagon. Selain itu dapat pula diberikan jell gula yang disemprotkan ke mulct atau digosokkan pada gusi setelah penderita sadar.
Hipoglikemia dapat dihindari dengan menjaga agar kadar gula darah tetap tinggi. Akan tetapi kadar gula darah yang tinggi mengakibatkan peningkatan risiko terjadinya komplikasi diabetes. Dengan demikian dibutuhkan keseimbangan gula darah agar terhindar dari risiko hipoglikemia yang akan muncul terutama pada pengguna insulin Berta risiko munculnya komplikasi diabetes melitus yang membahayakan.
Dari ulasan di atas maka sudah jelaslah cara apa saja yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan bagi orang yang mengalami hipoglikemia. Bahaya karena pertolongan yang tidak cept akan berakibat buruk bagi kondisi kesehatannya dan akan berakibat pada kematian juga. Jadi mari kita belajar untuk tau kesehatan masing-masing.

0 Response to "Prosedur Pertolongan Pertama Pada Orang Dengan Gejala Hipoglikemia"

Post a Comment