Fase sebelum Seseorang Dinyatakan Positif Menderita Diabetes Tipe 2

Pengertian IGT (Impaired Glucose Tolerance) dan Apa saja Fase sebelum Seseorang Dinyatakan Positif Menderita Diabetes Tipe 2. 
Mungkin banyak dari kita belum tau sebenarnya apa yang akan terjadi sebelum seseorang akan dinyatakan positif mengidap diabetes tipe 2 oleh dokter. Ada beberapa fase atau urutan yang bisa saja dilalui oleh penderita. Fase ini antara lain terletak pada fase dimana metabolisme gula normal dan diabetes. Keadaan ini dikenal sebagai IGT (Impaired Glucose Tolerance). Menurut beberapa penelitian, kondisi IGT akan berkembang menjadi diabetes melitus tipe 2 atau penyakit kardiovaskuler (penyakit pembuluh darah jantung).
Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), seseorang dinyatakan dalam kondisi IGT apabila kadar gula darah puasanya normal, akan tetapi setelah diberi asupan gula atau pemberian dextrose 75 g kadar gula darahnya lebih besar dari 140 mg%. Hal inilah yang menjadi pengertian dari IGT yang sebenarnya. Selain kondisi di atas, ada pula yang menyebutkan bahwa seseorang dapat dikatakan dalam kondisi IGT apabila kadar gula darahnya setelah puasa sudah lebih dari 110 mg% akan tetapi belum dapat dikategorkan menderita diabetes melitus.
Diabetes tipe 2 umumnya menyerang orang-orang dengan pola diet yang tidak seimbang. Orang yang mempunyai gaya hidup tertentu (mewah) cenderung rentan terkena penyakit ini. Diduga orang-orang yang menderita diabetes tipe 2 ini bukan disebabkan oleh makanan-makanan manis melainkan karena banyak mengonsurnsi makanan berlemak. 
berhati-hati terhadap pola hidup sebagai pencegahan diabetes tipe 2

Misalnya seperti kasus yang terjadi pada penduduk Nauru di Kepulauan Pasifik. Penduduk tersebut mula-mula memiliki pola hidup yang sederhana. Pada mulanya penduduk di daerah tersebut jarang yang menderita diabetes. Akan tetapi, pola hidup sederhana tersebut berubah ketika di pulau tersebut ditemukan adanya fosfat. Penduduk di daerah tersebut menjadi kaya raya dan pola hidup mereka juga berubah. Akibatnya pola makan mereka juga menyesuaikan.Tanpa diketahui secara pasti, penduduk di daerah tersebut secara tiba-tiba banyak yang menderita diabetes tipe 2 ini. Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara pola hidup, lingkungan, dan diabetes. Oleh karena itu, penyakit ini juga sangat berkaitan dengan kondisi sindroma metabolisme.

0 Response to "Fase sebelum Seseorang Dinyatakan Positif Menderita Diabetes Tipe 2"

Post a Comment