Kapan Sebaiknya Penderita Diabetes (DM) Harus Sering Memeriksakan Kadar Gula Darahnya

Kapan sebaiknya kita melakukan pemeriksaan diabetes melitus (DM) dan apa yang harus dilakukan ketika kadar gula darah kita rendah atau tinggi.
Tes untuk mengetahui kadar gula darah ini tidak cukup hanya dilakukan satu kali. Penderita harus sering memeriksa kandungan gulkosa dalam darahnya untuk pengendalian dan perawatan diabetes. Apabila kondisi tubuh baik, tes dapat dilakukan seminggu sekali. Apabila penderita mendapatkan pengobatan menggunakan suntikan insulin, tes kandungan gula darah dapat dilakukan sebelum makan dan sebelum tidur. Pemeriksaan kadar gula darah harus dilakukan lebih sering apabila penderita berada dalam kondisi sebagai berikut.
1. Sedang sakit.
2. Wanita yang akan merencanakan kehamilan.
3. Melakukan olahraga berat (kerja fisik yang berat).
kapan sebaiknya tes diabetes / gula darah.

Sebaiknya hasil yang diperoleh dicatat dalam sebuah catatan khusus. Dengan demikian penderita dapat menentukan perawatan lanjutan yang sesuai. Apabila hasil tes menunjukkan kadar glukosa yang rendah, terlebih dahulu dipastikan pada waktu apa kadar glukosa penderita rendah. Setelah itu, penderita dapat menentukan salah satu dari tiga langkah sebagai berikut.
1. Menambahkan karbohidrat dalam dietnya sebanyak ± 10 gram (porsi ekstra) pada waktu makan atau segera sebelum terjadi keadaan glukosa darah rendah.
2. Mengurangi aktivitas fisik yang banyak menguras tenaga.
3. Apabila penderita menggunakan insulin, sebaiknya dosis insulin dikurangi.

Berbeda halnya jika hasil tes menunjukkan kadar glukosa yang tinggi melebihi batas normal, penderita juga harus memperhatikan saat-saat biasanya kadar glukosa mulai naik dan melakukan hal-hal sebagai berikut.
1. Mengurangi karbohidrat sebanyak 10 gram.
2. Meningkatkan kegiatan olahraga.
3. Meningkatkan dosis insulin pada penderita yang menggunakan suntikan insulin.
4. Terapi Diabetes melitus

0 Response to "Kapan Sebaiknya Penderita Diabetes (DM) Harus Sering Memeriksakan Kadar Gula Darahnya"

Post a Comment