Tips Perawatan Kaki, Memotong Kuku Yang Benar Pada Penderita Diabetes (DM)

Tips cara merawat kaki, Memotong kuku dan merawat kesehatan kulit pada penderita diabetes yag benar.
Diabetes melitus menaikkan risiko terjadinya pengerasan pembuluh nadi besar atau arteri yang dapat manimbulkan serangan jantung atau stroke serta melemahnya sirkulasi darah ke kaki. Risiko ini semakin meninght pada perokok maupun penderita, yang memiliki kelebihan berat badan.
Adanya perubahan maupun luka sekecil apa pun harus diwaspadai meskipun tidak merasakan sakit. Hal ini karena sirkulasi darah yang kurang menjadikan penderita rnati rasa.Akan tetapi luka sekecil apapun memungkinkan kuman dapat menginfeksi dan menyebar lebih cepat karena pasokan darah yang buruk.Oleh karena itu dibutuhkan perawatan kaki secara teratur. Perawatan kaki pada penderita diabetes melitus sebagai berikut. Seiring dengan pertambahan usia, pasokan darah ke kaki juga semakin buruk. Perubahan ini mengakibatkan berkurangnya suplai darah.
cara memotong kuku dan perawatan kaki pada penderita diabetes DM
Apabila sirkulasi terhambat pembuluh darah. Mencuci kaki dengan air hangat (suam-suam kuku), jangan sekali Kaki penderita diabetes yang kali menggunakan air panas, karena penderita tidak dapat  merasakan apabila kakinya telah melepuh. Periksa terlebih dahulu suhu air menggunakan tangan. Mencuci kaki menggunakan sabun yang lembut. Keringkan kaki yang telah dicuci hingga benar benar leering dengan cermat terutama di sela-sela jari. Hindari menggosok kulit dengan keras karena dapat menyebabkan kulit mengelupas dan terluka. Pemotongan kuku dilakukan setelah mandi. Potong ujung-ujung kaki mengikuti bentuk jari dan jangan memotong terlalu pendek.  Hindari menggunakan alas pemotong kuku yang terlalu tajam  untuk membersihkan pinggiran maupun cekungan kuku. Hindari memotong kuku terlalu pendek, dan perlu berhati-hati  ketik memotong cekungan kuku.
Memakai sepatu yang ukurannya sesuai, sebaiknya bagian atas bertali dan lembut. Menggunakan kaos kaki yang kering dan bersih. Kaos kaki tiap hari harus diganti yang bersih. Hindari penggunaan kaos kaki yang terlalu kecil dan sempit. Nah berikut adalah cara perawatan kaki pada penderita DM supaya tidak terjadi ulkus dan luka yang lama sembuhnya.

0 Response to "Tips Perawatan Kaki, Memotong Kuku Yang Benar Pada Penderita Diabetes (DM)"

Post a Comment