Apa sih 3J ? (Jumlah Makanan, Jadwal Makanan dan Jenis Makanan) Bagi Penderita Diabetes (DM)

Artikel dari terapi diabetes dengan jalan diet mkanan. Apa sebenarnya penertian dari 3 J (Jumlah Makanan, Jadwal Makanan dan Jenis Makanan) Bagi Penderita Diabetes (DM). Jadi sbeenarnya yang dimaksut dengan 3 J tersebut adalah :
  1. Jumlah makanan harus diseimbangkan dan disesuaikan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan penderita setiap harinya. Kebutuhan ini disesuaikan secara perseorangan berdasarkan berat penderita DM, jenis kelamin, umur, cara hidup, dan aktivitas sehari-hari (pekerjaan fisik atau karyawan Kantor). Kebutuhan kalori berdasarkan usia misalnya usia 20-35 laki-laki membutuhkan 2300 dan wanita 1800, semakin ke atas maka kebutuhannya semakin berkurang pada aktifitas normal.
  2. Jadwal makan atau frekuensi makan. Pada umumnya orang memiliki 6 porsi makan, yaitu 3 porsi besar dan 3 porsi kecil. Pengelompokan ini berdasarkan jumlah kalori pada makanan tersebut. Hal ini dilakukan agar kalori yang dibutuhkan dapat tercukupi secara merata setiap harinya. Di camping itu penjadwalan yang dilakukan dengan disiplin waktu dapat membantu pankreas mengeluarkan insulin secara rutin pula. Dengan demikian terhindar dari kenaikan kadar gula yang melonjak.
  3. Jenis makanan atau komposisi asupan diet yang dibutuhkan dan dianjurkan bagi penderita diabetes melitus. Jenis makanan bagi penderita diabetes melitus ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan jenis makanan orang sehat yaitu terdiri dari sumber karbohidrat, protein, dan lemak yang akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.
cara terapi penderita diabetes dengan diet

Akan tetapi pada penderita diabetes melitus disarankan untuk memenuhi Kebutuhan makanannya berdasarkan komposisi sebagai berikut:
  • Dua perlima bagian makanan mengandung karbohidrat terutama dari karbohidrat berserat tinggi misalnya kentang.
  • Dua perlima bagian makanan dipenuhi dengan sayuran berserat maupun buah-buahan.
  • Seperlima bagian yang lain sebaiknya dipenuhi dengan makanan yang mengandung protein misalnya daging, ikan,telur, dan kacang-kacangan.
Dengan proporsi makanan tersebut diharapkan penderita diabetes dapat mengendalikan kadar gula darahnya agar dapat selalu dalam kisaran normal.

          0 Response to "Apa sih 3J ? (Jumlah Makanan, Jadwal Makanan dan Jenis Makanan) Bagi Penderita Diabetes (DM)"

          Post a Comment