Faktor-Faktor Penyebab dan Gejala Jika Mengalami Hipoglikemia


Faktor-Faktor Penyebab dan Gejala Jika Mengalami Hipoglikemia.
Hipoglikemia merupakan kondisi menurunnya kadar gula darah di bawah kisaran normal 35 mg%. Penderita diabetes yang mengalami kondisi hipoglikemia biasannya terdapat pada penderita diabetes yang menerima suntikan insulin sebagai pengobatannya. Akan tetapi kondisi hipoglikemia juga dapat terjadi karena beberapa sebab sebagai berikut.

  • Makan terlambat dari biasanya setelah menyuntikkan insulin. Kondisi ini dapat diatasi dengan memakan sepotong kue dengan segera agar tubuh memiliki asupan gula sesegera mungkin.
  • Kerja fisik atau olahraga yang berat.
  • Baru sembuh dari sakit atau sesudah melahirkan.
  • Overdoses obat (penggunaan obat melebihi doses yang dianjurkan) atau penggunaan obat dengan doses yang salah.
  • Meminum alkohol, karena alkohol dapat merusak organ hate yang berperan dalam mengubah kelebihan glukosa menjadi glukagon (gula otot) dan sebaliknya.


Orang yang menderita hipoglikemia menunjukkan gejala yang berbeda beda, tetapi pada umumnya memiliki tanda-tanda sebagai berikut. 

  1. Stadium parasimpatik, berupa munculnya rasa lapar, mual, dan tekanan darah turun.
  2. Stadium gangguan otak ringan, pada stadium ini menunjukkan gejala lemah, lesu, sulit bicara, sulit menghitung meskipun hanya berupa hitungan sangat sederhana.
  3. Stadium simpatik, ditandai dengan munculnya keringat dingin, muka pucat, dan gemetar.
  4. Stadium gangguan otak berat, apabila penderita tak sadarkan diri (pingsan atau bahkan koma).
Nah berikut adalah penjelasan mengenai apa saja sebenarnya faktor penyebab hipoglikemia pada manusia sehat, dan juga gejala yang biasanya terlihat pada orang yang mengalami hipoglikemia. Kami akan jelaskan lebih lanjut mengenai cara mengatasi atau pertolongan pertama pada kejadian hipoglikemia.

1 Response to "Faktor-Faktor Penyebab dan Gejala Jika Mengalami Hipoglikemia"