Apa Sih Sebenarnya Penyebab Diabetes / Kencing Manis

Artikel Mengulas proses dan penyebab terjadinya diabetes melitus atau kencing manis pada tubuh manusia.

Glukosa atau gula darah yang terdapat dalam darah kita berasal dari makanan yang kita konsumsi. Makanan yang kita konsumsi mengandung zat-zat seperti karbohidrat, protein nabati dan hewani, lemak baik dan jahat, aneka vitamin, dan air. Zat-zat tersebut diolah oleh tubuh agar memperoleh tenaga yang digunakan untuk beraktivitas. Sumber tenaga yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia bersumber dari karbohidrat yang banyak diperoleh dari nasi, ketela, kentang, jagung, dan sagu. Makanan tersebut dipecah menjadi glukosa yang sangat penting terutama sebagai Sumber tenaga bagi aktivitas otak. Glukosa yang diperoleh dari pemecahan karbohidrat tidak semua digunakan untuk aktivitas. Apabila glukosa yang dihasilkan berlebih akan disimpan sebagai gula otot (glikogen). Selain disimpan dalam otot, glukosa berlebih itu juga disimpan dalam hati. Proses-proses tubuh ini dilakukan oleh hati dengan bantuan insulin. 

Dengan adanya insulin, gula darah dapat dikendalikan dengan beberapa Cara sebagai berikut.
  1. Melalui peningkatan jumlah gula yang disimpan dalam hati dalam bentuk glikogen.
  2. Melalui penurunan dan pengaturan jumlah gula yang dikeluarkan hati.
  3. Merangsang sel-sel tubuh menyerap glukosa. Hal ini karena insulin menempel pada sel-sel yang berada di seluruh tubuh.

Berdasarkan kemampuan-kemampuan insulin tersebut, dapat disimpulkan bahwa insulin merupakan satu-satunya zat yang dapat mengatur kadar gula dalam darah. Apabila konsentrasi glukosa dalam darah gula dialirkan dan dibuang melalui urine. Semakin banyak kandungan gula dalam darah, semakin sering pula urine yang dikeluarkan. Kelebihan urine yang dikeluarkan ini merupakan tanda awal diabetes. Apabila tidak segera diobati penderita akan mengalami dehidrasi. Demikian adalah sekelmuit proses dan penyebab terjadinya penyakit DM di dalam tubuh kita.

1 Response to "Apa Sih Sebenarnya Penyebab Diabetes / Kencing Manis"

  1. Daun insulin yakon juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Klik http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus/ untuk jelasnya...

    Atau langsung 0813-80-262524 (Ryan) SMS/WhatsApp/Telegram/Line


    ReplyDelete