Anda Hipertensi? Sebaiknya Anda Waspada Dengan 5 Penyakit Ini

Setiap orang hipertensi harus sadar dan diet dan pengobatan rutin untuk mengontrol kadar tensi darahnya agar terhindar dari macam-macam penyakit yang muncul akibat dari hipertensi. Bisa terjadi pada usia muda dan tua. Jadi jaga diri sebaik-baiknya. Apa saja 5 penyakit bahaya akibat hipertensi itu?
olahraga di usia tua untuk mencegah hipertensi

1. Stroke
Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menjadi faktor pemicu berbagai gangguan kesehatan yang serius. Paling tidak, ada lima penyakit yang harus diwaspadai terkait dengan masalah hipertensi.
Hipertensi merupakan faktor yang paling potensial memicu terjadinya stroke. Tekanan darah yang sangat tinggi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak yang retatif sudah melemah. Akibatnya, dapat terjadi perdarahan di otak. Kejadian inilah yang dapat menimbutkan stroke. Selain itu, gumpalan darah yang menghambat saluran pembuluh darah dan saturan pembuluh darah yang semakin menyempit, juga dapat mengakibatkan stroke.

2. Gangguan penglihatan
Hipertensi dapat juga menyebabkan pembuluh darah pada mata pecah atau mengalarni perdarahan. Akibatnya, daya penglihatan menjadi kabur, bahkan rusak dan dapat berakhir dengan kebutaan.

3. Serangan jantung
Hipertensi juga merupakan faktor risiko terbesar daLam memicu terjadinya penyakit jantung. Melalui pembuluh darah arteri, pasokan darah diangkut bersama oksigen untuk menyuplai otot jantung. Apabila jumlahnya tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup, dapat menimbulkan nyeri dada yang biasa disebut angina. Jika aliran darah terhambat, tentu dapat berakibat terjadinya serangan jantung. Tekanan darah tinggi merupakan faktor pemicu nomor satu CHF (congestive heart failure). CHF adalah kondisi yang serius terhadap jantung sehingga jantung tidak mampu lagi memompa darah yang cukup untuk diatirkan ke seturuh tubuh.

4. Kerusakan ginjal
Fungsi ginjal adatah sebagai organ penyaring sampah-sampah metabolisms agar tubuh tetap bersih. Kerapkati hipertensi dapat membuat pembuluh-pembuluh darah pada ginjal menjadi sempit dan menebal. Penyaring ginjal pun akhirnya kekurangan cairan dan sampah-sampah akan menumpuk datam darah. Apabita sudah demikian, fungsi ginjat mungkin akan mengatami kegagatan. Jika ini terjadi, dibutuhkan tindakan medis berupa proses cuci darah, bahkan transplantasi ginjal.

5. Arterioskierosis
Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, pernbutuh arteri di seturuh tubuh akan mengeras, terutama yang terletak di jantung, otak, dan ginjal. Tekanan darah tinggi bisa diasosiasikan dengan kekakuan arteri ini. Keadaan inilah yang membuat jantung dan ginjal dipaksa bekerja lebih keras.

0 Response to "Anda Hipertensi? Sebaiknya Anda Waspada Dengan 5 Penyakit Ini"

Post a Comment