Proses Komplikasi Pada Mata Penderita Diabetes dan Penanganannya

Komplikasi pada  mata yang sering terjadi pada penderita diabetes dan bagaimana pengobatan / penanganannya.
Pengertian Komplikasi pada penderita DM yaitu kondisi rusaknya bagian tubuh yang dipicu oleh suatu penyakit. Setelah bertahun-tahun diabetes melitus dapat merusak jaringan tubuh. Komplikasi ini terjadi apabila penderita tidak mengontrol kadar darahnya secara cermat dan disiplin. Komplikasi akan semakin mudah terjadi apabila penderita seorang perokok. Pada umumnya merokok dapat menimbulkan berbagai komplikasi sebagai berikut.
Diabetes melitus dapat berpengaruh pada organ mata dengan berbagai masalah yang dirasakan, mulai pandangan mata mulai kabur meskipun hanya berlangsung sementara, hingga keluhan yang lebih parah, misalnya munculnya kerusakan pada organ mata (kebutaan). Beberapa komplikasi diabetes melitus pada organ mata sebagai berikut.
Penderita diabetes melitus yang mendapatkan pengobatan berupa suntikan insulin, mungkin akan merasakan pandangannya mengabur. bola mata mempunyai permukaan dengan tiga lapisan, Antara lain sklera yang menjadi lapisan terluar dan keras. Lapisan sklera berwarna putih. Lapisan di bawahnya disebut koroid, merupakan tempat berkumpulnya pembuluh darah. Lapisan paling dalam yaitu retina yang berisi sel-sel yang peka cahaya dan pembuluh-pembuluh darah.
Hal ini terjadi karena pada waktu insulin masuk dalam aliran darah akan menurunkan gula darah dengan cepat, lensa mata mengalami dehidrasi yang disebabkan sejumlah cairan mata keluar. Peristiwa ini menyebabkan pandangan mata agak kabur. Biasanya keluhan ini hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan.
komplikasi mata penderita DM, proses dan pengobatannya
sehingga cairan mengumpul pada permukaan retina. Kebocoran ini menyebabkan burul Retinopati merupakan kerusakan akibat pengaruh diabetes pada mata yang menyerang lapisan retina. Retina merupakan bagian mata yang penting karena pada bagian tersebut terletak bintik mata, tempat jatuhnya bayangan benda yang masuk melalui lensa. Pada daerah tersebut juga terdapat pembuluh pembuluh darah yang memasok glukosa dan nutrisi lain yang diperlukan sel-sel mata.

Pada penderita diabetes melitus, pembuluh-pembuluh darah tersebut mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut kemungkinan disebabkan terbentuknya jenis gula lain pada Binding pembuluh darah, dan membuat pembuluh darah tersebut melemah. Setelah itu, muncul lepuh-lepuh kecil yang akan pecah dan mengakibatkan pendarahan. Bahkan, seringkali terjadi kebocoran pada pembuluh darah tersebut,
Gangguan akibat diabetes ini dapat ditanggulangi dengan pengobatan menggunakan sinar laser. Sinar laser diarahkan pada bagian daerah pinggir tipis retina, untuk membersihkan gumpalan akibat pembuluh darah yang pecah serta mencegah penyakit baru. Semakin cepat komplikasi ini diobati, semakin baik pula hasilnya.

0 Response to "Proses Komplikasi Pada Mata Penderita Diabetes dan Penanganannya"

Post a Comment