Apa Sih Pengertian Dari Tes Urine Glukosa, Keton dan Glikoprotein?

Belajar mengenal pengertian tes urine (glukosa, keton dan juga glikoprotein pada penderita DM.
Pada dasarnya tes ini digunakan untuk melihat kadar gula dalam urine tubuh penderita diabetes, kira-kira tes apa saja yang dilakukan dan dibutuhkan dalam pemeriksaan diabetes, mari kita bahas mulai dari tes glukosa, tes keton dan terakhir tes glikoprotein.
penertian tes urine keton, glikoprotein dan keton

1. Tes Glukosa
Selain menggunakan tes darah tes urine juga bisa dilakukan untuk mengetahui kadar gula seseorang, namun ditilik dari kevalidan maka tes ini memang kurang begitu valid karena hal ini berkaitan dengan kualitas ginjal penderita. Oleh karena itu tes ini harus dipastikan dulu dengan menggunakan tes darah. Tanda urine yang mengandung gula yaitu dengan menunjukkan warna merah bata setelah direaksikan dengan reagen. 

2. Tes Keton
Keton adalah senyawa kimia yang dihasilkan tubuh, apabila tubuh melakukan pemecahan senyawa lemak. Pada penderita DM gula darah tidak dapat masuk ke dalam sel. Oleh karena itu tubuh berusaha memenuhi kebutuhan tenaga melalui banyak makan atau dengan memecah cadangan lemak yang berada dalam tubuh. Tubuh berusaha memenuhi kebutuhan tenaga lebih banyak makan atau dengan memecah cadangan ;lemak dalam tubuh. Pemecahan lemak yang dilakukan juga dapat menghasilkan glukosa yang diperlukan tubuh serta hasil sampingan. Hasil sampingan inilah yang sebenarnya disebut sebagai keton.

3. Tes Glikoprotein
Pada umumnya protein dalam tubuh memiliki glukosa yang terikat padanya. Semakin tinggi kadar glikoptotein semakin tinggi juga kadar glukosanya. Akan tetapi tes ini lebih rumit dan akan membutuhkan banyak tenaga ahli. 

0 Response to "Apa Sih Pengertian Dari Tes Urine Glukosa, Keton dan Glikoprotein?"

Post a Comment