Mengenal Apa Pengertian Sindroma Metabolisme

Apakah Pengertian sindroma metabolisme itu dan bagaimana prosesnya?
Seiring dengan peningkatan kualitas hidup manusia, terjadi pula pergeseran-pergeseran terutama pada pola hidup. Pergeseran pola hidup ini juga diikuti dengan perubahan pola makan, baik dilihat dari komposisi menu maupun intensitas makan. Kebanyakan di antara mereka mengubah menu makanan yang semula kaya akan serat dalam sayur-sayuran, berubah menjadi menu makanan yang kaya protein dan lemak. Dengan demikian, asupan gizi yang mereka peroleh didominasi oleh lemak yang bisa dibilang sangat berlebihan, sedangkan asupan vitamin dan serat menjadi sangat kurang.pergeseran pola hidup ini juga rnembawa dampak dalam bidang kesehatan.Banyak penyakit-penyakit yang dahulu banyak disebabkan oleh infeksi berubah menjadi aneka  penyakit yang diakibatkan oleh ketidaksesuaian metabolisme. Penyakit-penyakit ini dikenal juga dengan sebutan Sindroma Metabolisme.
Pengertian sindroma metabolisme, diabetes salah satu akibatnya
Jadi pengertian sindroma metabolisme adalah penyakit yang disebabkan karena ketidaksesuaian metabolisme dalam tubuh manusia. Pada dasarnya, sindroma metabolik bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan suatu kumpulan berbagai keadaan terdapatnya gangguan gangguan metabolisms gula dan insulin, obesitas (kegemukan),dislipidemia, dan hipertensi.
Dalam tubuh kita, gula yang terdapat dalam bahan makanan yang kita konsumsi akan diolah dan diserap tubuh dalam bentuk glukosa. Glukosa ini akan diedarkan ke seluruh tubuh bersama aliran darah. Glukosa tersebut akan digunakan sebagai sumber tenaga terutama bagi kerja otak. Akan tetapi apabila glukosa dalam tubuh berlebih akan diubah dan disimpan dalam bentuk gula otot (glikogen). Gula otot ini akan disimpan dalam otototot tubuh dan hati. Apabila glukosa masih berlebih sedangkan hati dan otot sudah tidak mampu lagi menyimpannya,glukosa tersebut akan diubah dan disimpan dalam bentuk lemak dalam jaringan adiposa.Apabila kondisi tersebut dibiarkan semakin lama, lemak tubuh akan terns menumpuk. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya kondisi yang dikenal dengan obesitas. Berikut adalah sedikit gambaran mengenai gangguan sindroma metabolisme dalam tubuh kita.

0 Response to "Mengenal Apa Pengertian Sindroma Metabolisme"

Post a Comment