Pengertian Diabetes Neuropati, Apa Bahayanya?


Pengertian diabetes neuropati pada syaraf penderita diabetes, apa saja bahayanya?
Diabetes melitus juga dapat merusak sistem saraf. Diabetes melitus dapat mengakibatkan terganggunya sistem aliran darah di sekitar sel-sel saraf seperti halnya pada mata dan ginjal. Diabetes melitus juga dapat menimbulkan kerusakan langsung pada sel-sel saraf karena tingginya kadar gala darah di dalam sel saraf.
Kerusakan saraf akibat diabetes melitus disebut neuropati (diabetes neuropati). Akibat yang timbul dari kerusakan saraf ini, tergantung saraf bagian apa yang mengalami kerusakan. Berdasarkan kerusakan pada jenis saraf, neuropati dapat dibedakan sebagai berikut.
Saraf ini bertugas mengendalikan beberapa fungsi tubuh misalnya buang air kecil atau besar. Gangguan pada saraf ini dapat berupa munculnya sembelit atau diare yang datang dan pergi, atau muntahmuntah walaupun tidak merasa sakit (masuk angin). Pada laki-laki dapat pula menimbulkan gangguan keharmonisan pada rumah tangga. Namun gangguan pada saraf ini jarang terjadi. Gangguan pada saraf otonom yang disebabkan diabetes melitus disebut retinopati otonom.
Beberapa penderita diabetes mengalami gangguan pada kulitnya berupa kulit merah dan menipis. Hal ini karena telah terjadi kerusakan pada pembuluh darah halus (kapiler) di bawah kulitnya. Gangguan ini sampai sekarang belum ada obatnya.

0 Response to "Pengertian Diabetes Neuropati, Apa Bahayanya?"

Post a Comment