Tips Mencegah dan Mengatasi Nyeri Pinggang dan Punggung Pada Orang Tua


Tips Mencegah dan Mengatasi Nyeri Pinggang dan Punggung Pada Orang Tua. Kegiatan apa saja yang tidak disarankan untuk kesehatan tulang belakang.
Punggung atau tulang belakang yang dikenal sebagai columna vertebralis (struktur tulang mirip tiang), berfungsi menyangga seluruh tubuh, menekuk dan memutar ke seluruh arah, serta melindungi saraf yang melintasinya. Selain itu, tulang belakang juga harus bisa bertahan seumur hidup karena tidak ada yang menandingi struktur tulang belakang.
Meski tampak kuat, sebaiknya kita berhati-hati dengan organ yang satu ini. Salah sedikit memperlakukannya, bisa gawat. Kita harus mengetahui bagaimana memperlakukan tulang belakang.
Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka melindungi punggung, sesuai dengan anjuran Prof. Malcolm Jayson, dalam bukunya Back Pain.

1. Perbaiki sikap badan
Tetap diam di satu posisi dalam waktu lama adalah penyebab utama timbulnya sakit dan kekakuan. Saaat duduk di meja tulis, pastikan Anda dapat duduk tegak dengan bantalan kecil pada pinggang.

2. Periksalah sepatu
Bagi Anda yang menderita sakit punggung, sebaiknya anda hindari  memakai sepatu tumit tinggi. Sepatu jenis ini akan mendorong bagian bawah tubuh ke depan dan melengkungkan bagian atas tubuh ke belakang untuk mengimbangi sehingga menambah tekanan pada punggung.
Pilihlah sepatu yang tidak menggunakan sol kulit keras karena akan mengeluarkan gelombang udara yang bergerak sangat cepat ke atas melalui rangka tubuh ketika tumit membentur tanah. Kerapkali keadaan ini memperburuk masalah punggung anda. Sol sepatu dan tumit sepatu yang ada bantalan bisa mengurangi gelombang rasa sakit dan Memudahkan saat berjalan.

3. Duduk secara benar
Duduklah di kursi dengan bersandar secara tegak dan dapat nenyangga bagian bawah punggung. Duduk di kursi dengan sandaran rendah dan kursi malas dapat menyebabkan  kekakuan dan sakit punggung

4. Menyetir dengan nyaman
Duduk lama dalam posisi meinbLIngkuk mengakibatsakit punggung, kan sakit punggung. Jok mobil yang memiliki sandaran tinggi dan dapat diubah atau disesuaikan dengan badan kita. Alat injak kaki lebih baiknya tepat di muka kaki dan tidak di sudut karena dapat mengakibatkan tulang punggung terpelintir.

5. Mencatat gerakan
Membungkuk ke depan dan bergerak memutar sambil membawa beban yang melebihi standart, maka akan sangat beresiko  menekan tulang belakang. Menghindari kegiatan merugikan yang menimbulkan tekanan sangat penting, terutama bagi mereka yang sering atau kadang mengalami sakit punggung.

6. Tidur dengan benar
Banyak sekali masalah punggung mucul karena posisi tidur atau tempat tidur yang kurang baik. Tempat tidur yang ideal adalah yang ada alas di bawahnya, berkasur, serta empuk dan tidak keras. Ketika anda memutuskan untuk membeli tempat tidur, anda bisa mengetesnya dengan berbaring sebentar di atasnya untuk memastikan kekuatan dan kenyamanannya. Hindari tidur dalam posisi menyamping karena akan menimbulkan penekukan ke samping punggung yang dapat memunculkan rasa sakit dan kakis.

7 Mengangkat dengan benar
Banyak masalah punggung muncul saat mengangkat beban. Masalah membungkuk dan tubuh diberikan beban melebihi kemampuan maka akan terpelintir dan akhirnya menjadi masalah (kecetit dalam istilah jawanya)

0 Response to "Tips Mencegah dan Mengatasi Nyeri Pinggang dan Punggung Pada Orang Tua"

Post a Comment