Akibat Parah Diabetes Bagi Mata Penderita Retinopati Pada Usia Lanjut


Mata penderita retinopati karena kadar Diabetes gula darah yang tidak terkontrol di usia lanjut.
Pada penderita diabetes retinopati yang berusia lanjut kadang muncul jenis retinopati yang lebih parah disebut makulopati. Pada keadaan ini suplai darah ke bagian pusat mata berkurang, sehingga kemampuan untuk melihat benda-benda secara detail dan menangkap warna sangat berkurang. Kelainan ini tidak dapat ditolong dengan pengobatan sinar laser.
Ginjal berfungsi inenyaring dan membuang (ekskresi) zat-zat yang tidak bermanfaat dan zat-zat yang memberi efek racun pada tubuh terutama yang berbentuk cairan. Ginjal terdiri atas jutaan unit penyaring yang disebut nefron. Pada penderita diabetes melitus, unit-unit penyaring ini rusak karena penumpukkan gula dalam pembuluh darah halus pada ginjal. Kerusakan ini mengakibatkan bocornya sistem penyaringan zat-zat yang seharusnya diserap tubuh dan masih memerlukan tubuh.
Gangguan ini biasanya diderita oleh penderita diabetes yang sudah lama. Katarak dapat timbul karena gula membentuk suatu lapisan dan menutup lensa mata. Hal ini mengakibatkan lensa mata menjadi tidak bening lagi, sehingga menghambat masuknya cahaya ke bola mata dan akhirnya mengganggu penglihatan. Gangguan ini dapat diatasi dengan operasi mata. Operasi ini bertujuan menggantikan lensa mata yang rusak dengan lensa plastik.

0 Response to "Akibat Parah Diabetes Bagi Mata Penderita Retinopati Pada Usia Lanjut"

Post a Comment