Cara Perawatan Pada Anak Dengan Penyakit Diabetes Mellitus (DM)

Mari kita mengenal petunjuk perawatan dan cara mengatasi masalah anak yang telah menjadi penderita DM, memang anak sangatlah sulit untuk diatur bahkan lebih susah dari orang dewasa, kesulitannya bisa dua kalinya. Sebelum memulai lebih jauh maka anda harus tau dulu hambatan-hambatannya, 
Kesulitan-kesulitan penanganan diabetes pada anak-anak  yang sering ditemui adalah :
  • Susah makan
  • Menyukai gula atau permen yang berlebihan
  • Sulit dilakukan cek darah karena kebanyakan anak akan takut dengan jarum dan darah
  • Suka bermain tanpa terjadwal, lupa waktu dan kecapekan.
cara merawat anak dengan diabetes melitus / DM
Untuk mengatasi masalah kesulitan pelik diatas, sangat dibutuhkan bimbingan dalam membesarkan hati mereka agar dapat berlaku disiplin dalam mengendalikan penyakit mereka. Kadar glukosa pada usia anak-anak cenderung lebih cepat turun dibanding orang dewasa. Hal ini karena anak-anak. cenderung aktif bergerak, lincah, dan dinamis. Oleh karena itu, sulit mengenali gejala menurunnya kadar gula darahnya. Selain itu biasanya apabila anak-anak telah merasa asyik bermain, tidak merasakan perubahan kondisi tubuhnya. Anak-anak akan terus bermain dan tidak menyadari jika kadar darahnya menjadi sangat rendah dan tiba-tiba lemas atau bahkan pingsan.

Salah satu cara untuk menanggulangi hat ini antara lain dengan selalu menyediakan glukagon Berta makanan yang mengandung karbohidrat dan minuman manis. Cara penanggulangan yang paling balk yaitu dengan memberikan bimbingan dan mengajaknya berbagi dengan penderita diabetes lain sehingga mereka akan berbesar hati menerima kondisinya dan dapat merawat diri mereka sendiri. Ajaklah selalu berkomunikasi dan diberi pengertian tentang pentingnya menjaga makanan agar terhindar dari hipoglikemia dan komplikasi diabetes melitus.
Apabila dalam suatu keluarga mempunyai anak-anak lain yang tidak menderita diabetes beri Dula penjelasan mengenai diabetes melitus yang diderita anggota keluarga lain. Hal ini bertujuan mengantisipasi munculnya kecemburuan atas perhatian lebih pada anak yang menderita diabetes melitus.

0 Response to "Cara Perawatan Pada Anak Dengan Penyakit Diabetes Mellitus (DM)"

Post a Comment