Saran dan Petunjuk Olahraga Bagi Penderita DM Diabetes Melitus

Bagaimana petunjuk cara olahraga bagi penderita diabetes DM / kencing gula yang baik, benar dan disarankan.
Semua penderita diabetes melitus dianjurkan melakukan latihan fisik atau berolah raga secara teratur setiap harinya selama lebih kurang 20 menit.Olahraga yang dilakukan cukup berupa olahraga ringan namun harus dilakukan secara rutin. Latihan fisik ini dilakukan sekitar 1,5 jam sesudah makan. Bagi penderita diabetes melitus yang mengalami obesitas (kelebihan berat badan), dianjurkan untuk melakukan latihan fisik sedikit lebih berat. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat menurunkan berat badannya menjadi normal (ideal).
petunjuk olahraga yang baik dan benar bagi penderita kencing gula (DM)
Dengan melakukan latihan fisik secara teratur dan berkesinambungan, diharapkan dapat menurunkan kadar glukosa darah. Namun tidak sennua penderita dapat melakukan latihan fisik tanpa adanya risiko. Hanya penderita diabetes melitus tipe 2 yang masih ringan dapat melakukan olahraga dengan aman. Selain memperoleh kebugaran tubuh, berolahraga dapat pula membuang kelebihan kalori maupun lemak dalam tubuh. Dengan demikian dapat mencegah kegemukan, mengontrol kadar gula darah, mengurangi ketergantungan pada obat atau insulin, Serta dapat mengurangi kandungan lemak pada orang yang kegemukan. Berolahraga dapat pula mencegah terjadinya gejala diabetes melitus dini bagi orang-orang yang berisiko tinggi menderita diabetes melitus, misalnya orang dalam keadaan obesitas.

Latihan fisik yang baik bagi penderita diabetes melitus yaitu aerobik. Aerobik merupakan kegiatan fisik yang terus-menerus dalam jangka waktu cukup lama. Latihan ini rutin dilakukan selama lebih kurang 3-5 kali seminggu selama lebih kurang 50- 60 menit. Sebelum latihan sebaiknya dilakukan pemanasan (warming-tip). Setelah latihan juga perlu dilakukan pendinginan (cooling down).

0 Response to "Saran dan Petunjuk Olahraga Bagi Penderita DM Diabetes Melitus"

Post a Comment