Apa Sih Diet Kalori Total Pada Penderita DM?

Saat ini diet pada penderita diabetes melitus mengutamakan prinsip pembatasan kalori total. Penderita masih diperbolehkan mengonsumsi karbohidrat terutama yang memiliki serat, protein dalam jumlah terkendali, serta sedikit lemak. Dengan demikian, tubuh tetap memperoleh zat-zat gizi yang diperlukan tubuh, serta dapat mengatur kadar gula darah agar tidak melonjak.
Berdasarkan penelitian, diet yang dilakukan oleh penderita diabetes diutamakan untuk dapat mengendalikan kadar gula darah agar berada pada kisaran normal yaitu antara 60mg%– I 30mg%. Oleh karena itu,diusahakan agar terdapat keselarasan antara pasokan glukosa dan insulin yang dihasilkan. Dengan demikian, dapat diperoleh kadar glukosa maupun insulin yang mendekati kondisi pada orang normal.
pengertian diet kalori total pada kencing manis / DM

Pengaturan pemasokan makanan ini saat penting karena tubuh akan mengeluarkan insulin secara otomatis begitu makanan diserap tubuh. Kadar insulin akan naik secara otomatis terutama dua jam setelah makan.
Terapi pada penderita diabetes melitus dengan cara diet pada dasarnya merupakan suatu pola makan tertentu. Pola makan ini diharapkan dapat memberikan kalori yang cukup sekaligus mengatur Kadar- gula dalam darahnya agar selaras dengan insulin yang dihasilkan. Pencapaian ini didasarkan melalui suatu pedoman yang disebut tiga J, yaitu jumlah makanan, jadwal makanan, dan jenis macam makanan.

0 Response to "Apa Sih Diet Kalori Total Pada Penderita DM?"

Post a Comment