AWAS !! Hindari 4 Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner ini

Apa itu penyakit jantung koroner (PJK) dan apa saja faktor penyebab penyakit tersebut. Ada banyak orang yang belum tau dan mereka justru kurang hati-hati terhadap pola hidup dan juga gaya hidup mereka. Lantas apa saja 4 faktor utama dan penting yang menyebabkan penyakit jantung koroner. (PJK)
makanan dan faktor penting penyebab penyakit jantung koroner (PJK)

1. Tekanan darah tinggi
Menurut WHO, batasan tekanan darah normal orang dewasa adalah paling banyak sebaiknya 140/90 mmHg. Apabila tekanan darah seseorang lebih di atas angka tersebut pada beberapa kali pengukuran di waktu yang berbeda, orang tersebut bisa dikatakan menderita hipertensi. Penderita hipertensi memiliki risiko lebih besar untuk mendapat serangan jantung dan stroke.

2. Kadar kolesterol tinggi
Kolesterol darah yang tinggi akan mempercepat terjadinya pembentukan aterosklerosis. Penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol yang tinggi merupakan satu-satunya penyebab timbulnya penyakit jantung koroner (PJK). Menurut para ahli, kadar kolesterol yang baik bagi orang dewasa tidak boleh lebih dari 200 mg/dl. Ada pula yang dicek nilai kolesterol 240 mg/ dl, berisiko dua kali lipat terkena PJK dibandingkan dengan yang kolesterolnya di bawah 200 mg/ dl.
Sebaiknya, hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti seafood, kuning telur, jeroan, susu jenuh, dan es krim. Kalau makanan yang baik untuk kolesterol, antara lain minyak ikan, minyak jagung, dan minyak bunga matahari. bahan makanan tersebut dapat meningkatkan kolesterol baik HDL.

3. Merokok
Mereka yang merokok sangat berisiko terkena PJK karena merokok dapat Mempercepat proses pembentukan aterosklerosis melalui iritas dinding pembuluh darah sehingga memudahkan terjadinya endapan kolesterol. Yang akhirnya akan menghancurkan jantung dengan pelan-pelan. Maka dari itu sebaiknya mulai sekarang hindari rokok supaya sehat.

4. Jarang berolahraga
Olahraga seperti aerobik terbukti bisa mengurangi terjadinya serangan jantung. meningkatkan kemungkinan hidup lebih lama dan juga mengurangi resiko kematian karena penyakit jantung mendadak. Jadi jangan sampai anda jarang melakukan olahraga walaupun itu hanyalah sekedar jalan kaki di pagi hari, jika badan anda sudah tidak begitu kuat, maka jalan kaki adalah olahraga terbaik.

0 Response to "AWAS !! Hindari 4 Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner ini"

Post a Comment