Apa Itu Pengertian Tes Gula Darah Sewaktu (GDS) dan Tes Gula Dara Puasa (GDP)?

Mari mengenal apa itu tes GDS dan GDP, Tes pemeriksaan HbA1c, pengertian tes gula darah sewaktu dan tes gula darah puasa, 2 jam PP (post prandial).
Saat kita berkunjung ke dokter kadang kita akan disuruh untuk memeriksakan kadar gula darah kita dengan 2 tes, yaitu tes dengan puasa sebelumnya atau langsung denga alat tes GDS. Bagi penderita diabetes tentu sangat wajib untuk memeriksakan kadar gula darahnya dengan teratur. Kalau dalam istilah kesehatan tes ini disebut sebagai tes GDP, tes 2 jam pp, dan juga HbA1c. Pengendalian diabetes dengan baik akan menunjang kehidupan penderita berikutnya karena akan terhindar dari bahaya komplikasi akut maupun kronis. Maka dari itu mari kita kenal satu persatu:

 
pengertian GDS, GDP pada diabetes


1. Gula Darah Puasa.
Gula darah puasa adalah kadar gula yang diukur setelah melakukan puasa selama kurang lebih 10 s.d 1 jam. Kadar Gula darah puasa normal biasanya di kisaran 80 s.d 120 mg/dl.

2. Gula darah 2 Jam pp
Apa yang dimaksut dengan 2 jam pp, kalau tes ini sama dengan gula darah puasa, hanya saja setelah puasa 2 jam sebelum tes pasien dianjurkan untuk makan dulu dan kemudian baru dilakukan pemeriksaan.

3. Gula darah sewaktu
Pemeriksaan ini paling sering dilakukan dengan cara pasien datang langsung di tes, anda juga bisa membeli alatnya sendiri dan anda lakukan di rumah, namun juga tetap harus melakukan dengan kaidah kebersihan dan peralatan steril untuk menghindari infeksi. Cara ini begitu penting ketika digunakan untuk mengetahui penurunan kadar gula darah dalam waktu yang cepat, namun kurang bisa mengetahui gambaran pengendalian diabetes untuk jangka panjang. (kurang lebih 3 bulan).

4. Apakah HbA1c itu?
HbA1c adalah zat yang terbentuk dari reaksi glukosa dengan hemoglobin. (merupakan bagian dari sel darah merah). Pemeriksaan HbA1c ini sangat penting untuk mengetahui kondisi kendali diabetes selama 3 bulan dan tentu lebih valid untuk melihat kondisi dalam jangka panjang. (sekitar 3 bulan).

Nah berikut adalah beberapa jenis pemeriksaan untuk pengendalian diabetes, anda sebaiknya konsultasikan ke dokter kapan sebaiknya anda kontrol dan melakukan pemeriksaan. 

0 Response to "Apa Itu Pengertian Tes Gula Darah Sewaktu (GDS) dan Tes Gula Dara Puasa (GDP)?"

Post a Comment