Apakah kalau kencing batu itu pasti harus operasi, Apa saja Solusinya?

Jika ada yang bertanya mengenai apakah kalau orang mengalami masalah kencing batu pasti harus dioperasi, jawabnya ternyata tidak. Dokter akan memastikan dahulu apabila batu ginjal tidak turun dan tidak mengganggu, dan tidak mengalami pembesaran maka biasanya akan dibiarkan hanyut, terlebih pada pasien lansia. Yang perlu anda tau adalah batu ginjal yang berbahaya jika sudah menyumbat saluran kemih, kenapa, karena pada posisi ini maka akan sangat berbahaya, dimana air kencing yang menyumbat akan memenuhi ginjal dan akhirnya ginnjal mengalami kepayahan atau juga biasa disebut dengan payah ginjal.
Nah sebenarnya ada beberapa solusi untuk mengangkat batu kemih tanpa harus dilakukan operasi, mari kita bahas satu demi satu.
  • Pertama adalah dengan menggunakan teknik ESWL dimana batu ginjal akan diberikan gelombang kejut sehingga digarapkan batu dapat pecah dan bisa lancar. Namun teknik ini keberhasilannya masih kalah jika dibandingkan dengan operasi. 
  • Kedua adalah dengan teknik Percutaneus nephrolithotomy, teknik ini dilakukand engan membuka sedikit dinding di sekitar pinggang kemudian dimasukkan alat untuk menjepit atau mengambil batu ginjal yang ada di dalam tubuh.
  • Yang terakhir adalah teknik Ureteroscopy, teknik ini adalah dengan cara memasukkan alat langsung ke bagian ureter kemudian ditarik batunya. 


Nah jika dengan ketiga teknik di atas ternyata tetap tidak memberikan solusi maka yang terbaik harus dengan jalan operasi, Agar tidak terjadi kambuh berulang setelah dilakukan operasi, maka biasanya akan dilakukan pemeriksaan terhadap batu ginjal yang terbentuk, penelitian akan menghasilkan bahan apa sebenarnya yang menyebabkan batu ginjal pada pasien. Dan si pasien harus menghindari makanan yang menyebabkan batu ginjal tersebut.

0 Response to "Apakah kalau kencing batu itu pasti harus operasi, Apa saja Solusinya?"

Post a Comment