Apa itu Gejala Klasik Dan Non Klasik Pada Diabetes (Penyakit Gula)

Kita kadang tidak bisa membedakan dan menyebutkan apa sebenarnya pengertian dan perbedaan dari gejala klasik dan non klasik pada saat pemeriksaan awal diabetes, dari beberapa sumber menyebutkan bahwa gejala klasik adalah gejala yang khas dari penderita diabetes, sudah banyak yang menjelaskan bahwa gejala tersebut juga bisa disingkat dengan kata 3P, yaitu Poliuri (sering kencing, terutama saat malam hari), Polifagi (mudah lapar, sering makan) dan Polidipsi (sering merasa haus).  3 gejala di atas sangat terkenal dan memang menjadi gejala utama dari tanda tanda awal terkena diabetes, namun masih ditambah satu lagi yaitu terjadinya penurunan berat badan. 

pengertian gejala klasik dan non klasik diabetes
 
Selain gejala klasik di atas ada juga gejala yang disebut dengan gejala non klasik yaitu dimana seorang penderita bisa merasakan gejala lain ketika kadar gula darahnya tinggi, beberapa tanda tersebut adalah :

  • Sering kesemutan
  • Terjadi gatal terutama di daerah lipatan tubuh
  • Gangguan mata, atau penglihatan menjadi kabur
  • Terjadi keputiha* pada wanita
  • Gangguan kejantanan pada laki laki, yaitu gangguan e*eksi (red)


Sebenarnya ada hubungan yang erat antara gejala klasik dan non klasik, namun gejala klasik lebih dulu kelihatan dan memang biasanya lebih mengena dari pada gejala non klasik. Gejala tersebut juga bisa didiagnosa sebagai kolesterol tinggi, dll. Namun jika saat pemeriksaan gejala klasik sudah terlihat maka sebenarnya gajala lain akan mengikuti dan tinggal dokter hanya membutuhkan pemeriksaan kadar gula darah dengan metoda laboratorium saja.

Penurunan berat badan juga akan menjadi tanda klinis yang sangat kelihatan, karena sel yang kelaparan akibat dair glukosa yang tidak dapat masuk ke dalam sel dan akhirnya tidak mampu membentuk energi, nah disinilah kondisi dimana tubuh harus mengambil cadangan energi dari lemak dan juga harus mengambil protein dari otot, sehingga akibat akhirnya adalah tubuh menjadi kurus dan lemas.




0 Response to "Apa itu Gejala Klasik Dan Non Klasik Pada Diabetes (Penyakit Gula)"

Post a Comment