Saudara Saya Muntah Darah, Ternyata Terkena Hepatitis

Inilah sedikit cerita tetang saudara saya sendiri, Anggap saja namanya adalah R, sudah lama bersama dengan saya karena juga ikut membantu menjadi tukang bangunan rumah saya sampai saat ini hampir jadi. Dulu memang sudah memiliki riwayat sakit lama di rumah sakit. Bahkan sudah sampai dirujuk ke RS Propinsi di Jawa tengah. Kalau tidak salah adalah pengangkatan empedu, namun juga terkena hepatitis B. karena terlihat kuning.
Memang kita tidak pernah tau apa kita terkena hepatitis atau tidak, karena kata dokter ternyata perjalanan penyakit ini sangatlah lama, bisa sampai 20 tahunan baru menunjukkan gejala yang siginifikan, seperti muntah darah, sakit perut, pusing dll. Namun selama bertahun tahun bagi orang dengan daya tahan tubuh baik ternyata bisa saja tidak merasakan apa apa, sampai suatu saat terjadi kerusakan di hati, atau disebut sirosi hati, baru disitulah pembuluh darah di hati sudah tidak lancar. dan akhirnya menimbulkan masalah.
jka muntah darah tidak berhenti segera bawa ke UGD terdekat

Biasanya salah satu akibat ketika seseorang mengalami hepatitis juga akan beresiko terkena farises pada kerongkongan. Jadi jangan kaget ketika orang terkena hepatitis kok bisa muntah darah segar, ternyata sumbernya adalah dari farises yang letaknya di kerongkongan tadi. Ini sebagai efek domino dari serosis hati. Kalau dijelaskan panjang, yang penting ketika seseorang mengalami muntah darah, bisa juga gumpaan darah karena sudah terlalu lama di lambung, Maka bisa ada kemungkinan orang tersebut beresiko juga terdiagnosa hepatitis. Walaupun tidak pasti muntah akan didiagnosa hepatitis. Namun ini bisa juga sebagai salah satu gejalanya.
Saya bercerita seperti ini karena orang di sekitar saya sendiri yang mengalami jadi tidak bohong, maka dari itu jika kita tinggal dengan orang terdiagnosa hepatitis maka hindari kontak misalnya tempat makan bersamaan, jarum suntik, yang akan bisa menularkan virus Hepatitis. Nah itulah sediit cerita tentang saudara saya yang mengalami muntah darah dan ternyata ditemukan serosis hati. Semoga saja bisa sembuh seperti sedia kala dan bisa bekerja kembali menghidupi keluarga.

1 Response to "Saudara Saya Muntah Darah, Ternyata Terkena Hepatitis"

  1. I appreciate several from the Information which has been composed, and especially the remarks posted I will visit once more.  hep b test

    ReplyDelete