Sebenarnya Apa Pengertian Insulin Resistance, dan Siapa Pengidapnya?

Bagi kita semua orang awam, pasti jarang sekali mendengar istilah yang disebut dengan insulin resistance, memang ini berhubungan dengan diabetes, dan untuk pengertian dari insulin resistance sendiri adalah kondisi dimana produksi insulin dalam tubuh normal, bahkan sangat normal namun kadar gula darah tetap saja tinggi, Sel yang seharusnya membuka untuk menerima gula tidak mau membuka pintu masuk. Pada orang normal jika gula darah tinggi maka insulin akan masuk ke dalam darah sehingga menekan gula tersebut untuk masuk ke dalam sel di seluruh tubuh.
Jadi jika kita menemukan kasus dimana ada orang terkena DM namun setelah dilakukan pengecekan ke laboratorium hasilnya adalah iinsulin kadarnya normal. Maka inilah yang bisa disebut sebagai insulin resistance. Masalah ini bisa terjadi karena beberapa penyebab salah satunya adala kecacatam di salah satu gen.
pengertian insulin resistence dan siapa pengidapnya

Apa orang yang sudah didiagnosa insulin resistance nanti ke depannya akan menjadi DM?
Jawabnya adalah tidak, ini seperti kasus misalnya kita menemukan jenis DM tipe 2 yang pada umunya bisa dilakukan. pencegahan adalah dengan olahraga, banyak gerak, sama halnya dengan orang yang memiliki insulin resisten, dia harus berusaha untuk diet, menu lemak dibatasi, hal ini akan meminimalkan resiko lanjutan pengidap IR menjadi diabetes. Yang perlu diingat juga adalah masalah kelebihan lemak dan gajih di sekitar perut, karena ini beresiko menjadi pemberat terjadinya kejadian insulin resistence.

Siapa yang beresiko terkena Insulin resistence
Pengidap IR bukanlah karena turunan, namun kebanyakan terjadi pada mereka yang bertubuh gemuk dengan riwayat hipertensi kolesterol juga tinggi, dan kebnyakan juga berasal dari keluarga dengan ekonomi yang tinggi. Dan di amerika sendiri pengidap penyakit ini lumayan banyak yaitu sekitar 8 jutaan.

0 Response to "Sebenarnya Apa Pengertian Insulin Resistance, dan Siapa Pengidapnya?"

Post a Comment