Ini dia Akibat Jika Asam Urat Dibiarkan Tinggi, Kenali Cara Pencegahannya!

Jangan anggap sepele dengan masalah asam urat, karena ternyata akibat dari asam urat itu bukan hanya encok dan pegel pegel di sendi, namun jika dibiarkan maka akan semakin parah dan berakibat buruk bagi kesehatan kita. Terutama adalah ginjal yang kena, padahal kita tahu bahwa ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh kita yang jika rusak maka fatal, kita harus cuci darah seumur hidup. Selain menyerang bagian sendi asam urat yang membentuk kristal urat kemungkinan besar juga akan menyangkut di saluran kemih, sehingga lama kelamaan akan membentuk batu ginjal, menginfeksi dan nerusak jaringan ginjal. Nah pada posisi kerusakan ginjal ini maka fungsinya akan semakin menurun dan berakibat pada payah ginjal kemudian yang paling menakutkan adalah gagal ginjal
asam urat berakibat pada melemahnya fungsi ginjal dan gagal ginjal

Setelah anda melakukan pengobatan ke dokter maka anda juga wajib melakukan upaya pencegahan di rumah, jangan sampai anda minum obat asam urat namun anda sama sekali tidak melakukan upaya pencegahan, karena biasanya orang yang sudah memiliki bakat asam urat tinggi maka dia harus bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi bahaya seperti di atas. Apa saja upaya pencegahan sehingga dapat mengurangi kambuh di kemudian hari :

  • Segera periksa asam urat jika kaki anda mengalami encok, dan nyeri pada bagian otot.
  • Sebaiknya anda membatasi konsumsi makanan berlemak, menu protein pesta dan restoran juga harus anda kurangi
  • Jika anda memang memiliki riwayat asam urat maka hindari makanan dengan purin tinggi.
  • Hindari trauma atau benturan bagian tubuh kita misalnya otot dan sendi. 
  • Lakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi infeksi pada tubuh
  • Ini yang harus anda ingat jauhkan tubuh dari hawa dingin dan hindari mandi di malam hari. 
Selain beberapa hal di atas anda juga harus tau beberapa obat yang berpengaruh terhadap tingginya asam urat. Sebaiknya ketika anda mengalami nyeri encok maka hindari obat golongan asam salisilat, seperti aspirin misalnya dan juga hindari golongan thiazide (HCT), obat ini sering digunakan dalam pengobatan darah tinggi, namun jika anda memiliki riwayat asam urat sebaiknya jangan. Nah berikut adalah pembahasan mengenai akibat jika asam urat dibiarkan tetap tidak dikontrol di tubuh kita. Mari kita jaga agar tubuh kita tetap sehat dengan makan makanan yang menyehatkan.




0 Response to "Ini dia Akibat Jika Asam Urat Dibiarkan Tinggi, Kenali Cara Pencegahannya!"

Post a Comment