Apakah Gagal Ginjal Dapat Dicegah, Ini Ulasannya


Sebagian dari pengunjung blog saya ini ada yang bertanya tanya, kira kira apakah penyakit gagal ginjal itu dapat dicegah. Jawabnya tentu bisa. kenapa tidak karena awal dari suatau masalah itu biasanya ada penyebabnya, maka disini walaupun ada juga gagal ginjal yang tidak bisa dicegah namun ada pula yang dapat dilakukan pencegahan. Pencegahan disini lebih ke penyebabnya, Beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai upaya pencegahan terhadap penyebab gagal ginjal adalah :
  1. Jika kita mengalai muntah dan mencret pada waktu yang lama, maka segera berikan cairan elektrolit agar terhindar dari kekurangan cairan. Kekurangan cairan tubuh juga bisa menjadi biang keladi kerusakan ginjal.
  2. Hipertensi atau darah tinggi yang jarang dikontrol juga bisa menjadi salah satu penyumbang gagal ginjal. Jadi jika anda memiliki riwayat hipertensi sebaiknya anda melakukan kontrol rutin ke dokter keluarga anda, lakukan aktifitas agar kadar darah tetap terkontrol.
  3. Sama halnya dengan Hipertensi, penderita Diabetes gula juga harus mengontrol kadar gula darahnya dengan baik, jika dalam kondisi lama gula darah tinggi maka akan berakibat rusaknya pembuluh darah yang ada di ginjal. Maka sering kita temui komplikasi penyakit gula adalah gagal ginjal
  4. Asam urat juga harus dijaga agar tetap normal
  5. Penyebab selanjutnya adalah batu ginjal, jika dibiarkan maka akan menimbulkan bendungan di ginjal jika sudah turun ke ureter. Lebih parah lagi jika ukuran batu ginjal sudah semakin besar maka ini akan semakin berbahaya. 
  6. Pembesaran prostat jinak maupun ganas akan bisa menghambat saluran urine sehingga akan terbendung di kandung kemih dan akhirnya juga akan kembali ke ginjal. 
  7. Kurangi konsumi obat jenis analgetik atau pereda rasa sakit karena jika terlalu sering minum obat jenis ini akan mengakibatkan kerusakan ginjal. Karena harus bekerja eksatra. 
apakah gagal ginjal dapat dicegah, makan makanan sehat menjadi salah satu solusinya

Berdasarkan pengalaman seorang sahabat saja yang sekarang sudah almarhum, dia mengalami gagal ginjal tapi karena sindrom nefrotik, saya sendiri kurang tau dengan penyakit ini namun secara garis besar gagal ginjal ini disebabkan oleh kerusakan saringan di ginjal sehingga membuat gagal ginjal. Kalau menurut ceritanya karena kurang minum air putih yang cukup dan memang sering makan makanan yang berpengawet dan mie instant. Ini menjadi perhatian serius karena pengalaman ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua agar membatasi. Namun bukan melarang untuk makan makanan tersebut. Perlu diingat bahwa ginjal itu jika sudah rusak maka sudah tidak bisa sembuh lagi, maksutnya adalah kerusakan ginjalnya, hampir sama dengan jantung, maka biasanya pengobatan akhir bagi penderita gagal ginjal adalah dengan cangkok. 
Sadar atau tidak sadar memang kita harus merawat betul organ tubuh kita yaitu dengan melakukan beberapa upaya pencegahan di atas. Jangan terbuai dengan makanan enak, junk food yang justru akan merusak diri dan badan kita jika kita makan berlebihan. Usahakan untuk selalu melakukan aktifitas fisik dan olahraga untuk menjaga kebugaran kita.

0 Response to "Apakah Gagal Ginjal Dapat Dicegah, Ini Ulasannya"

Post a Comment