Apa akibatnya jika kita terlalu banyak makanan berserat

Kebanyakan makan berserat ternyata juga tidak baik untuk kesehatan kita. Tidak seperti yang di iklan iklan di TV banyak yang menyebutkan bahwa makanan dengan kaya serat bagus. Dan jawabnya memang betul bagus namun jangan terlalu berlebihan. Sesuatu yang baik walaupun berlebihan katanya juga jadi tidak baik. Inilah yang membuat saya ingin memberikan penjelasan kepada anda apa akibatnya ketika seseorang terlalu banyak makanan berserat.
akibat dari makanan berserat berlebihan bagi tubuh

Orang biasanya banyak makan makanan berserat itu karena ada beberapa sebab, misalnya ingin kurus, biar perut tahan lama kenyangnya. Ada juga yang ingin buang air besarnya lancar, maka dia putuskan untuk makan makanan berserat. Namun tahukah anda dibalik makan makanan berserat berlebihan itu apa. 
  • Akibat pertama dari makanan berserat yang dimakan berlebihan adalah mengikat makanan yang mengandung zinc, zat besi, natrium, magnesium, kalsium. Sehingga zat mineral tersebut akan berkurang.
  • Kedua adalah bisa menyebabkan diare karena gerakan usus akan menjadi berlebihan
  • Bisa menimbulkan kembung akibat dari fermentasi serat yang dilakukan oleh bakteri dan menghasilkan gas penyebab perut menjadi tidak nyaman,
  • Akibat dari penyumbatan serat juga bisa menimbulkan kram perut.


Nah sekarang sudah tau kan kalau makan serat berlebihan juga tidak baik, namun peringatan ini tidak melarang anda untuk makan serat. Karena serat baik bagi kita. Misalnya saja dari gigi sangat membutuhkan makanan berserat karena secara tidak langsung makanan berserat juga dapat membersihkan gigi secara alami, atau disebut juga dengan self cleansing. Makanan berserat juga baik untuk mereka yang sembelit, jadi dapat memperlancar ketika ke belakang. Jadi makanan berserat sangat baik untuk tubuh kita, asal jangan terlalu berlebihan. Takaran berlebihan bisa anda ukur sendiri, misalnya jangan sampai anda kekenyangan hanya karena makanan berserat saja.

0 Response to "Apa akibatnya jika kita terlalu banyak makanan berserat"

Post a Comment