Apa Pengertian dari Glomerulonephritis Acute (GNA) pada Penyakit Ginjal

Pengertian dari Glomerulonephritis Acute atau disingkat dengan GNA adalah penyakit peradangan pada ginjal dan masuk dalam kategori penyakit autoimun karena tubuh merusak bagian tubuhnya sendiri dan pada penyakit ini adalah yang dirusak bagian ginjalnya sendiri. Awal proses dari penyakit ini adalah serangan dari kuman streptococcus haemolitycus yang biasanya ada pada tubuh kita saat kita mengalami sakit gigi, amandel, penyakit kulit infeksi, Nah pada saat kita diserang kuman ini maka tubuh kita secara otomatis akan mengeluarkan zat anti untuk membunuh kuman. Namun zat anti ini ternyata juga ikut merusak ginjal karena sifatnya khas tersebut. maka muncullah peradangan ginjal yang disebut dengan GNA.

pengertian, gejala dan cara mengetahui terkena glomerulonephritis acute GNA

Nah sudah jelas bukan bagaimana proses dari GNA tersebut, untuk gejala dari penyakit ini ada beberapa, seseorang biasanya akan mengalami beberapa tanda seperti demam, buang air kecil mejadi lebih sedikit, warna air kencing yang berwarna merah sama seperti air ketika kita mencuci daging, pembengkakan pada kelopak mata dan bagian tungkai, terjadi darah tinggi, dan jika dilakukan cek lab maka kadar protein, sel darah merah dan putih terjadi peningkatan. Pada dasarnya GNA sendiri ada yang bersifat ringan dan dapat sembuh, namun juga ada yang berat dan ini hanya sebagian kecil saja. Sebagian lain ada yang bersifat progresif yang akhirnya bisa menyebabkan gagal ginjal. 

Apakah GNA bisa disembuhkan?
Untuk terapi penyembuhan penyakit Glomerulonephritis Acute ini biasanya akan diberikan antibiotik untuk membunuh kuman yang bisa saja masih hidup dalam tubuh. Selain antibiotik juga bisa diberikan obat anti radang. Kerusakan ginjal akibat GNA ini sudah tidak bisa diperbaiki lagi, maka semakin parah kerusakan yang diakibatkan oleh penyakit ini maka semakin besar kemungkinan akan terjadinya gagal ginjal. Namun ada pula yang tidak berkembang sehingga menjadi glomerulonephrityc chronic karena berubah menjadi GNA menahun.

Bagaimana cara mengetahui seseorang terkena penyakit GNA?
Untuk memastikan seseorang terkena GNA ini selain kita lihat dari gejalanya juga bisa dilakukan pemeriksaan lain. Pemeriksaan darah penunjang harus dilakukan, seperti pemeriksaan laju endap darah, HB, ASTO, Tes fungsi ginjal, Pemeriksaan apus di tenggorokan untuk mengetahui jenis kuman, dan pada kasus tertentu bisa saja dilakukan biopsi pada ginjal. 

0 Response to "Apa Pengertian dari Glomerulonephritis Acute (GNA) pada Penyakit Ginjal"

Post a Comment