Mengenal Jenis Penyakit Vertigo dan Cara Penyembuhannya

Apa itu vertigo dan apa saja gejalanya dan bagaimana proses penyembuhannya?, Vertigo banyak dikeluhkan dari mulai orang dewasa sampai orang tua. hal ini biasanya berhubungan dengan pusing yang berputar putar dan kebanyakan orang masih menyebut pusing dengan sebutan vertigo. Padahal Vertigo sendiri memiliki pengertian yang spesifik. Jenis vertigo dibagi menjadi dua, seperti yang sudah saya sebutkan di atas yaitu vertigo vestibular dan non vestibular. Mari kita kupas secara sendiri sendiri mengenai pengertian vertigo tersebut.

A. Apa itu Vertigo Vestibular.
Vertigo vestibular sendiri sebenarnya masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu :
Vertigo menyerang pusat dan vertigo menyerang tepi (perifer). Gangguan pada syaraf pusat jika terjadi masalah pada otak kecil bisa karena tumor, stroke. Sedangkan untuk masalah tepi menyerang pada bagian telinga  dalam. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal misalnya kotoran telinga, iritasi, peradangan, benign di telinga. 

pengertian penyakit vertigo, gejala dan obat penyembuhannya

Bagaimana mengenali gejala vertigo vestibular.
Gejala yang sering muncul dari jenis vertigo ini adalah pusing berputar putar diikuti mual dan muntah dan terjadi secara mendadak. Ini jika terjadi gangguan pada syaraf tepi atau perifer. Namun gejala akan berbeda ketika masalah yang terjadi menyerang pada jaringan syaraf pusat, bisa saja tidak akan diikuti gejala mual dan muntah.

B. Pengertian vertigo non vestibular
nah berbeda dengan yang pertama, vertigo jenis ini terjadi karena gangguan visual pada mata, misalnya ketika kita sedang naik bis, atau naik kereta. Ketika melihat benda bergerak ini maka syaraf otak akan terganggu dan ini yang bisa memicu vertigo. 

Gejala vertigo non vestibular.
gejala sama dengan diatas pusing berputar putar, tidak muntah namun diikuti rasa melayang, serasa goyang dan mengambang. Sensasi ini yang sering terjadi pada penderit vertigo jenis ini. Sebenarnya vertigo ini bisa dikatakan lebih ringan dari pada yang vestibular. Karena anda bisa menghindarinya, misalkan ketika anda ingin bepergian anda minta obat dokter untuk mengobati vertigo tersebut atau bsia juga dengan tidur sepanjang perjalanan. Karena ini akan otomatis menutup visual mata anda dari gangguan benda bergerak di luar yang menyebabkan pusing.

C. Bagaimana cara penyembuhan kedua jenis vertigo tersebut.
Jika kita bertanya mengenai apa resep untuk menyembuhkan vertigo maka yang menjadi jawabnya adalah mengatasi penyebabnya. Jelas pada jenis vertigo non vestibular bisa di atasi dengan minum obat atau menghindari bepergian.  Intinya hindari saja hal hal yang memicu vertigo vertigo tersebut. Yaitu gangguan pada visual. Namun untuk jenis vertigo vestibular maka yang harus anda lakukan adalah menyembuhkan penyakit asalnya. Harus dengan konsultasi dokter apakah harus denganjalan operasi atau dengan pengobatan biasa.

Sebelumnya harus diperhatikan juga, untuk mengecek jenis vertigo secara benar maka dibutuhkan peralatan penunjang misalkan paling sederhana dengan tensi sambil berbaring, atau bisa dengan MRI, CT Scan, dan BERA, untuk mengetahui penyebab vertigo apakah dari syaraf pusat atau tepi, atau juga karena gangguan motorik saja. Pemeriksaan ini juga penting karena belum tau anda mengalami jenis vertigo yang mana dan penyebabnya apa. Sedikit info untuk anda semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Jenis Penyakit Vertigo dan Cara Penyembuhannya"

Post a Comment