Cara Mengenali Gejala Awal Stroke Bagi Orang Awam

Penderita stroke hampir sering kita temui di beberapa tempat di daerah kita, atau mungkin di tetangga dekat kita yang memiliki riwayat hipertensi. Lantas apakah kita yakin kita sendiri dan orang terdekat kita bisa bebas dari stroke, jika kita sudah berusaha untuk mengubah gaya hidup kurang sehat menjadi lebih baik, yaitu dengan olahraga, makanan seimbang, maka anda mungkin sudah sadar bahwa kesehatan itu penting. Dan apakah harus dokter dan orang kesehatan yang bisa memeriksa seseorang dimungkinkan terjadinya stroke, jawabnya tidak, andalah sebagai orang terdekat yang bisa lebih dulu mengenalinya. Maka dari itu di artikel ini kita bersama sama mempelajari bagaimana cara mengetahui gejala stroke dini agar tidak terlambat. 

cara mengetahui gejala awal stroke dan bahayanya


Kenapa orang awam harus tau gejala awal stroke?
Dalam ilmu stroke yang diutamakan adalah time is brain, ingat bukan time is money yahh, kenapa bisa begitu, semakin cepat kita membawa penderita stroke ke UGD maka semakin banyak otak penderita tersebut yang terselamatkan. Karena jika tidak maka bagian otak yang rusak permanen akan semakin meluas dan ini yang ditakutkan. Golden period atau waktu terbaik untuk menyelamatkan seseorang dengan stroke agar lebih baik hanya 3 jam, jadi kalau dalam waktu tersebut kita masih diam saja, nongkrong, kongkow2, ya sudahlah maka akhirnya anda harus ikhlas merawat saudara atau keluarga anda yang stroke tersebut dengan sabar. 

Bagaimana kita mengenali gejala awal stroke dengan mudah ?
Rumus dalam dunia kesehatan yang digunakan utnuk mengenali seseorang terkena stroke dinamakan dengan FAST, seperti artinya kita memang harus cepat, jangan santai santai bro, ini urusan nyawa soalnya :
Kita jelaskan satu persatu mengenai pengertian dari rumus ini :
1. F atau (FACE)
Mintalah penderita tersebut untuk tersenyum, jika ada yang aneh alias tidak simetris, maka bersiaplah untuk segera membawa saudara anda tersebut ke UGD. jangan menyepelekan orang tersenyum merot, karena ini masuk dalam gejala awal stroke. Semakin cepat maka semakin baik

2. A atau (ARMS)
Arms berarti lengan, maka mintalah orang tersebut untuk mengangkat lengan ke atas, jika yang diangkat hanya mampu satu dan sebelah tidak maka ini bisa menjadi gejala tambahan. Segera bawa ke UGD.

3. S atau SPEECH
Speech berarti berbicara dimana anda harus meminta si penderita untuk berbicara, apakah ada yang aneh misalnya cara biacara sudah terdengar pelo, atau orang menyebutnya dengan cadel, dan kata dengan huruf R biasanya susah dan aneh. Ini jga bisa menjadi pertanda selanjutnya.

4. T atau Time
Time is brain, atau waktu harus anda manfaatkan secepat mungkin untuk membawa penderita tersebut ke rumah sakit yang memiliki fasilitas pelayanan stroke terpadu. Ingat 3 jam ssangat berharga bagi penderita stroke. jangan anda sia siakan karena ini menyangkut proses penyembuhan nantinya. 

Sekarang anda yang awam sudah tau bukan bagaimana cara mengenali seseorang terkena stroke atau tidak. Dan gejala awalnya seperti apa. Semoga kita selalu dilimpahkan keluarga yang sehat namun kita tetap harus waspada  dan banyak belajar mengenail ilmu kesehatan sehingga kita juga bisa menyelamatkan keluarga atau saudara kita dari bahaya penyakit. 

0 Response to "Cara Mengenali Gejala Awal Stroke Bagi Orang Awam "

Post a Comment