Daftar Bahan Makanan, Sayuran dan Buah Buahan yang dianjurkan bagi penderita Stroke

Seseorang yang sudah terlanjur terkena stroke maka wajib untuk melakukan diet makanan sehat, kenapa?, karena dalam kondisi stroke yang terjadi pada umumnya adalah penderita terjadi kesulitan dalam menelan, kekurangan cairan dan masalah kesehatan lainnya. Sudah barang tentu ketika diet tersebut makanan yang diberikan harus memenuhi beberapa kriteria seperti cukup energi dan protein, cukup lemak, vitamin dan mineral, kemudian cukup serat dan cairan. Dan yang terpenting pada kondisi stroke adalah porsi makanan yang nantinya di berikan kepada penderita harus kecil namun sering. Seorang penunggu atau penjaga pasien ini harus benar benar sabar. 

buah sayuran yang bagus untuk penderita stroke
 Untuk daftar makanan yang dianjurkan untuk penderita stroke dapat di kelompokkan sebagai berikut :

  • Makanan jenis karbohidrat : beras, kentang, ubi, singkong, hunkwe, tapioka, sagu, biskuit, bihun.
  • Makanan jenis protein hewani : daging sapi dan daging ayam tanpa kulit, ikan, telur ayam, susu skim.
  • Makanan jenis protein nabati : semua kacang-kacangan dan produk olahan (tahu, tempe).
  • Makanan jenis lemak : dianjurkan minyak jagung dan minyak kedelai, santan encer, dan pembatasan margarine mentega.
  • Sayuran : bayam, wortel, kangkung, kacang panjang, labu siam, tomat, taoge.
  • Buah-buahan : pisang, pepaya, mangga, jambu biji, melon, semangka. Buah diberikan dalam bentuk buah yang masih segar, buah diblender, dijus ataupun diolah dengan cara disetup. 
Setelah anda melihat dafar makanan di atas sebaiknya bisa dijadikan acuan untuk makanan harian penderita stroke. Karena biasanya sbeelum orang stroke ada penyakit degenratif yang sudah ada seperti misalnya diabetes, hipertensi, dll. Anda juga harus perhatikan hal ini. Selain diet makananan seimbang penderita stroke juga bisa melaksanakan senam stroke untuk menunjang penyembuhannya, bahkan ketika dia masih berada di tempat tidur. Jika di rumah sakit terdekat ada pojok stroke atau sering disebut juga dengan stroke corner maka tempat tersebut bisa menjadi tempat konsultasi yang tepat bagi anda dan keluarga.

0 Response to "Daftar Bahan Makanan, Sayuran dan Buah Buahan yang dianjurkan bagi penderita Stroke"

Post a Comment