Apa Pengertian Osteoarthritis atau Pengapuran Sendi?

Apa itu Osteoathritis, ternyata kata yang sering kita dengar ini adalah jenis penyakit yang berhubungan dengan pengapuran tulang, pengertian dari osteoarthritis sesuai penjelasan ahli adalah peradangan sendi yang bersifat kronis atau juga bisa progresif yang ditandai dengan kerusakan tulang rawan (bisa karena pecah, perlunakan progresif permukaan sendi, atau bisa juga karena penipisan bantalan sendi, dan yang terkhir akibat pertumbuhan tulang yang mirip seperti duri di tepi sendi.
Pada oarng yang normal maka jaringan tulang rawan (kartilago hyalin) atau disebut juga dengan jaringan elastis akan menjadi pelapis ujung tulang, jadi ketika terjadi pertemuan antara dua tulang, akibat dari tekanan pada sendi tersebut maka tidak akan terasa sakit. Berbeda ketika jaringan ini sudah bermasalah maka akan menimbulkan sakit yang sangat mengganggu. Jika diibaratkan bagi kita yang awam, jaringan lunak ini adalah seperti ban pada roda sepeda, maka ketika ban tersebut hilang maka velg roda sepeda akan langsung menyentuh aspal, dan inilah yang akan menjadi masalah. Maka jaringan elastis ini begitu sangat penting bagi kita.

pengertian, gejala, osteoarthritis atau pengapuran tulang


Sendi bagian mana yang paling sering mengalami masalah osteoarthritis?
Pada umumnya sendi yang paling sering mengalami masalah ini adalah bagian yang sering terkena tekanan, misalkan bagian panggul yang menopang berat badan, bagian lutut dan sendi tulang belakang.

Apakah usia tua saja yang beresiko terkena penyakit ini?
jawabnya adalah tidak, karena pada usia muda juga bisa terkena masalah ini, penyebab masalah ini bagi usia muda adalah karena dia menderita asam urat, infeksi sendi, patah tulang dll.

Bagaimana gejala yang dirasakan ketika mengalami pengapuran sendi?
Gejala osteoarthritis ini sangat kelihatan, karena penderita akan mengalai sakit yang sangat, awalnya hanya merasakan pagi hari, namun lama kelamaan karena seringnya beraktifitas, dan karena menopang berat badan jika dibiarkan akan menjadi semakin buruk sampai penderita tidak dapat berjalan.

Olahraga apa yang paling baik untuk pencegahan osteoarthiritis?
Olahraga yang baik untuk mencegah terjadinya pengapuran tulang adalah berenang, dan yang kedua adalah bersepeda, kenapa, karena kedua olahraga ini tidak membutuhkan beban atau tekanan tinggi terhadap sendi. Sehingga bagus untuk pencegahan. Selain itu juga perlu pengaturan olahraga sesuai usia atau kemampuan tubuh, harus dihindari ketika olahraga berat bagi kaum lansia juga akan dapat merusak tuubuhnya. Olahraga secukupnya saja dan tidak boleh terlalu berlebihan.

0 Response to "Apa Pengertian Osteoarthritis atau Pengapuran Sendi?"

Post a Comment