Ibu Harus Baca, Kenapa Anak Wajib Sikat Gigi Sebelum Tidur !!!

Kesehatan gigi anak memang harus diperhatikan sejak dini, bahkan ketika dia masih TK. Jangan harap ketika gigi anak baru berumur 3 tahun anda anggap itu hal sepele, akan ada kebanggaan tersendiri ketika kita melihat gigi susu anak bisa bertahan di mulutnya sampai ada gigi pengganti, atau jangan sampai ompong. Anak yang memiliki gigi bagus biasanya kebersihan lain seperti kuku, telinga dan rambut juga ikut bersih. Alasannya adalah karena menyikat gigi itu melatih anak untuk selalu hidup bersih dan sehat. Karena menyikat gigi itu harus setiap hari dan rutin.

Bagi ibu di rumah dan tentunya saya juga berpesan pada ibu guru TK di sekolah, selalu tekankan akan pentingnya sikat gigi di malam hari, kenapa harus? ya di malam hari itu proses karies atau kerusakan gigi bergerak lebih cepat dibanding siang hari. Karena siang hari mulut kita digunakan untuk beraktifitas seperti mengunyah, ngemil sehingga mambantu mengeluarkan air ludah yang mempu menjaga pH mulut. Dalam istilah kesehatan ada kegiatan self cleansing, jadi gerakan mengunyah juga ikut membantu membersihkan gigi, apalagi jika yang dimakan adalah makanan berserat dan buah buahan. Ini bisa lebih bagus lagi.

kenapa anak harus diajarkan sikat gigi sebelum tidur

Pengalaman nyata bulan lalu saya ikut pemeriksaan gigi rutin bagi anak TK yang diselenggarakan oleh puskesmas, saya sengaja menanyakan juga pada anak dan orang tua apakah kalau malam sebelum tidur juga sikat gigi, maka disinilah saya menemukan bukti mayoritas anak yang sikat gigi sebelum tidur memiliki tingkat kesehatan gigi dalam kategori baik. Ini pengalaman nyata, selain sikat gigi di pagi hari ternyata malam itu juga lebih penting dari sikat gigi di pagi hari. Sedangkan kondisi gigi anak yang hanya menyikat gigi di pagi hari tidak semuanya bagus, ada yang bagus dan ada yeng jelek. Berbeda dengan kegiatan menyikat gigi di malam hari yang mayoritas bagus kondisi giginya. Sampel saya ambil dari 3 sekolah TK dengan jumlah sekitar 60 anak. 

Itu bisa menjadi bukti bahwa sikat gigi sebelum tidur itu wajib, Orang tua bisa saja menjadi objek yang disalahkan jika anak usia 2 s.d 3 tahun gigi sudah habis, karena orang tualah yang membentuk karakter dan mengajarkan anak merawat diri. Tanpa bimbingan dan dampingan orang tua menyikat gigi di malam hari bagi anak itu hal yang imposible. Ya anak butuh teman, kalau perlu bapak atau ibu juga ikut sikat gigi juga bareng dengan anak. Sehingga dapat memunculkan kebiasaan bagi dia bahwa mindset sikat gigi sebelum tidur itu wajib.

Orang tua, guru dan petugas puskesmas sama sama harus berperan dalam membangun dan meningkatkan taraf kesehatan gigi, butuh sinergi dan transfer ilmu antar profesi sehingga bisa ditularkan kepada sang anak yang masih dalam tingkatan Taman Kanak Kanak. Agar muncul kesadaran menyikat gigi sebelum tidur itu tidak boleh ditinggalkan. sedikit share pengalaman semoga bermanfaat.

0 Response to "Ibu Harus Baca, Kenapa Anak Wajib Sikat Gigi Sebelum Tidur !!!"

Post a Comment