Ternyata Cabe Bermanfaat sebagai Makanan Penurun Kolesterol

Kolestrol atau banyak orang menyebut dengan kolesterol alias lemak jahat ini bisa menjadi momok tersendiri bagi anda. Bayangkan jika kadar kolesterol tinggi dalam darah maka akan berakibat buruk pada tubuh kita. Efek yang paling ditimbulkan adalah gangguan jantung karena pembuluh darah akan dipenuhi dengan lemak sehingga perjalanan oksigen dan sari makanan dalam darah yang dipompa dari jantung ke otak menjadi tidak lancar lagi. Dalam keseharian kita sering bertemu dengan yang namanya cabe, dan rumah makan saat ini pun banyak yang mengunggulkan cabe sebagai ciri khas mereka. Pedas jadi unggulan.
Nah mari kita mengenal manfaat cabe tersebut bagi tubuh kita, walaupun banyak juga ya yang ga doyan pedes. manfaat pertama yaitu untuk flu dimana dalam kandungan ceb terdapat senyawa bernama capsaicin, dalam penelitian menyebutkan bahwa zat ini dapat membantu memperlancar hidung teresumbat, pilek, mengencerkan lendir dalam hidung, membuka nafas, dan mengeluarkan keringat ketikakita sedang mengalami flu. Selain itu cabe juga bisa menjadi obat penambah nafsu makan ketika kita tidak selera dengan makanan karena adanya kandungan endorphin.
Manfaat kedua yang masih diteliti adalah adanya kandungan fitosterol, zat ini disebutkan sebagai zat yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Lemak jenis ini adalah lemak yang baik bagi tubuh kita, karena dapat membersihkan plak yang ada pada pembuluh darah, mecegah penyerapan kolesterol dalam usu serta dapat menurunkan pembentukan kolesterol sehingga otomatis dapat mengurangi timbunan lemak jahat pada pembuluh darah.

manfaat cabe sebagai buah penurun kadar kolesterol

Tips konsumsi cabe
Jika anda ingin mengkonsumsi cabe dalam bentuk sambal maka yang harus anda perhatikan adalah bagaimana ketahanana tubuh anda terhadap pedas, mulut bisa saja tahan namun perut bisa tidak kuat. Makan cabe berlebihan juga tidak disarankan apalagi jika memiliki riwayat maagh, atau orang yang sensitif. Efek samping buruk dari konsumsi cabe yang sering terjadi adalah diare karena perut tidak kuat dengan efek panas yang ditimbulkan cabai. Rasa mulas di perut juga sering terjadi. Maka ini juga harus diperhatikan bagi para pecinta cabe. 

0 Response to "Ternyata Cabe Bermanfaat sebagai Makanan Penurun Kolesterol"

Post a Comment