Bolehkah Ibu Hamil Puasa, Ini Dia Penjelasannya?

Tips puasa bagi ibu hamil akan kita bahas dalam artikel ini, karena banyaknya orang yang takut puasa saat hamil, ini sebenarnya alasan yang salah dan keliru. Karena dalam posisi hamil asalkan sehat dan tidak mengalami masalah kesehatan tertentu maka seorang ibu sah dan dianjurkan untuk berpuasa. Namun ada beberapa pantangan ketika seorang ibu hamil tidak dianjurkan untuk puasa atau membatalkan puasanya, apa sajakah itu :

  1. Jika di tengah ibu puasa terjadi mual dan muntah maka demi kebaikan ibu dan bayi maka dianjurkan untuk tidak melanjutkan puasanya. Tentu pahal yang didapatkan dari niatnya berpuasa sudah cukup daripada mengorbankan kesehatan janinnya.
  2. Ibu hamil dengan penyakit tertentu seperti hipertensi, diabetes, pendarahan sebaiknya tidak berpuasa, Islam tidak pernah memaksakan ibadah puasa bagi yang tidak mampu.
  3. Waktu puasa yang paling baik adalah di trimester kedua, akrena umumnya di trimester pertama sering terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan muntah dan mual, ditakutnkan dehidrasi, namun bagi mereka juga ada yang tidak mengalami masalah apa apa di trimester pertama. jadi tidak masalah untuk ikut puasa.
  4. Hari dimana menjelang melahirkan sebaiknya ibu hamil tidak memaksakan untuk puasa, karena saat melahirkan dibutuhkan energi yang banyak, jika sewaktu waktu terjadi kontraksi dan melahirkan maka ibu sudah mempersiapkan dengan makan dan energi cukup. 
bagi anda ibu hamil jika sangat diajurkan olahraga ringan sembari berpuasa, misalnya dengan olahraga ringan sepertijalan kaki, asal dilaksanakan denga rutin maka hasilnya pun juga akan baik. Dan kegiatan ini sangat baik dilakukan ketika menjelang berbuka puasa, Karena cairan yang hilang akan langsung digantikan ketika kita berbuka puasa. 

tips puasa bagi ibu hamil, apa yang boleh dan dilarang
Untuk konsumsi makanan maka serat yang berasal dari sayuran dan buah juga sangat dianjurkan. Cairan harus cukup dengan kebutuhan minimal dua liter atau 8 gelas setiap harinya, Berikut ini adalah tips puasa aman bagi ibu hamil. Jadi jangan hanya kita dapat nilai ibadahnya saja namun kita juga mendapat nilai sehat dari apa yang kita lakukan. Karena kita juga diperintahkan untuk menjaga diri dan dilarang untuk merusak tubuh dengan makanan atau hal hal buruk setiap harinya.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Puasa, Ini Dia Penjelasannya?"

Post a Comment