Mengenal Pengertian Stroke Iskemik dan Hemorrhagic

Stroke dalam pengertian awam adalah kondisi seseorang yang sudah mengalami kerusakan syaraf yang menjadi penghubung otak dan otot gerak, jadi ketika kita melihat orang stroke yang kita temukan adalah tidak sinkronnya pergerakan organ tubuh seperti tangan kaki, mulut dll. Namun menurut WHO sendiri pengertian dari stroke secara umum adalah gangguan aliran darah ke otak secara mendadak sampai dengan jangka waktu 24 jam dan dapat terjadi hanya pada area tertentu saja atau juga secara keseluruhan. penyakit ini juga termasuk penyakit berbahaya karena dapat menimbulkan kecatatan dan yang fatal adalah kematian. Jenis stroke sendiri terbagi menjadi 2 macam, apa saja itu mari kita jabarkan di bawah.
PENGERTIAN JENIS STROKE ISKEMIK DAN HEMORHAGIC

Apa itu stroke iskemik?
Stroke iskemik adalah Kondisi dimana terjadi penumpukan plak (timbunan kolesterol) dalam pembuluh darah. Pertumbuhan plak ini akan sangat berbahaya karena pembuluh darah yang penuh dengan sumbatan plak maka bisa saja tidak lancar atau macet dan akhirnya stroke. Secara umum gambaran pembuluh darah adalah seperti selang, dan ketika selang tersebut penuh lumpur dalamnya (diibaratkan plak) maka perjalanan air akan terhambat dan terganggu. Dalam tubuh jika terganggunya pasokan oksigen melalui pembuluh darah tersebut hanya singkat saja maka itu dinamakan dengan Transcient Ischemic Attack (TIA). Dalam keadaan ini tubuh akan mengeluarkan sebuah enzim yang dapat melarutkan gumpalan plak tersebut dengan cepat dan memperbaiki aliran darah.

Pengertian Stroke Hemorrhagic
Jenis strok yang kedua yaitu Hemorrhagic adalah Kondisi stroke yang disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di otak dan akhirnya mengenai sel sel oak dan jaringannya dan menimbulkan kerusakan. Stroke jenis ini memang jarang terjadi jika dibandingkan dengan strok iskemik. karena lebih mematikan maka 50 % dari penderita stroke ini biasanya tidak terselamatkan. Stroke jenis ini bisa saja menyerang anak muda dan cenderung penyebabnya adalah karena serangan darah tinggi atau hipertensi.

Siapa yang bisa terkena stroke
semua orang dari anak kecil sampai dewasa dan tua bisa beresiko stroke namun yang cenderung adalah pada usia antara tahun ke ataa, Faktor resiko atau pemicu dari stroke ini bisa berasal karena hipertensi, DM, rokok, Kolesterol dan trigliserid tinggi dan asam urat. Itulah beberapa faktor resikonya. Di sekitar kita mungkin kita bisa saja menemukan gejala sebelum orang tersebut terjadi stroke, agar anda mengenalinya maka pelajari beberapa hal mengenai tanda tanda gejala stroke pada seseorang misalnya : 

  1. Wajah merot
  2. Lengan lemah
  3. Bicara tidak jelas alias Pelo
  4. Mengalami kebas, kebal mati rasa
  5. Gangguan keseimbangan
  6. Tidak nyambung ketika diajak bicara.
Sekarang sudah taukan anda mengenai ke dua jenis stroke itu, setelah anda tau maka sudah saatnya anda menghindari pemicunya, jangan sampai kita stroke karena yang repot adalah orang di sekitar kita. Penyembuhan juga sangat lama dan ini akan mengganggu aktifitas kita, terutama jika kita masih muda. tetap jaga kesehatan dan ubah gaya hidup menjadi gaya hidup sejat.

0 Response to "Mengenal Pengertian Stroke Iskemik dan Hemorrhagic"

Post a Comment