Apa itu implan gigi dan apa bedanya dengan Gigi Palsu?

Pengertian implan gigi sendiri secara awam adalah pemasangan sejenis sekrup dari bahan titanium ke dalam tulang alveolar rahang (tempat dimana gigi kita tertanam) dan selanjutnya dipasang mahkota tiruan di atasnya. Jadi kalau ada yang masih bertanya apa bedanya gigi palsu biasa sama implan gigi itu sebenarnya sama saja, sama sama dari keluarga gigi palsu yang harmonis. hehehe.. bedanya adalah jenisnya, yang sering kita kenal saat ke dokter gigi adalah jenis gigi palsu lepasan, atau bisa dilepas pasang. Dan kalau implan masuk dalam kategori gigi palsu yang tidak bisa dilepas pasang. Jadi ketika pasang kalau tidak rusak atau mengalami masalah ya akan tetap disitu. 

harga gigi palsu jenis implan

Nih jika digambarkan secara mudah prosesnya adalah :
  1. Pasien datang cabut gigi 
  2. Gigi dicabut
  3. Bekas gusi yang giginya diambil dipasangi implan (sekrup/pasak bahan titanium)
  4. Dibuatkan mahkota baru diatasnya mirip dengan gigi'
  5. Dinikmati si pasien dengan daya tahan sampai 10 tahun jika perawatannya baik.

Bolehkah penderita diabetes pasang implan gigi?
Namun implan gigi tidak bisa dipasang pada sembarang orang, termasuk juga implan gigi bagi penderita diabetes sangat tidak disarankan, apalgi sudah gula darahnya tinggi, karena luka sedikit saja pada penderita DM maka penyembuhannya butuh waktu lama tidak seperti orang normal. Padahal untuk pasang implan sendiri harus membuat luka baru atau memasang pasak ke alveolar tadi. Utuk penderita diabetes sangat disarankan menggunaka gigi palsu jenis lepasan saja karena lebih mudah dibersihkan dan bisa dilepas pasang tanpa harus melukai gusi.

Kira kira butuh Berapa lama waktu pasang implan di dokter gigi?
Lama waktu pasang implan itu relatif, ada yang lama ada juga yang bentar, namun dari beberapa pengalman menunjukkan bahwa untuk keseluruhan proses sampai implan gigi enak digunakan itu sampai 3 s.d 5 bulan. kalau pasang pertamanya hanya sebentar, seperti perawatan gigi lain kaya cabut gigi / tambal, paling pasang implan gigi ini hanya butuh waktu 30 menit.

Apa kelebihan implan gigi dibandingkan dengan gigi palsu model lepasan?
Implan tentu lebih baik jika dibandingkan gigi tiruan lepasan, implan lebih menyerupai gigi asli dan beban pengunyahan benar benar ada pada jaringan tulang alveolar dimana gigi asli itu ada. Sedangkan gigi palsu model lepasan yang pegangannya kawat, atau plat itu titik bebannya ada pada gusi saat pengunyahan. Sehingga lama kelamaan akan bisa longgar dan tidak nyaman. 

Berapa harga pasang gigi palsu implan di dokter gigi bedah mulut?
Tidak semua dokter gigi melayani pemasangan implan, dokter gigi bedah mulutlah yang memiliki spesifikasi mengenai pemasangan implan gigi, kalau di daerah jawa tengah anda bisa berkunjung ke salah satu rumah sakit swasta di semarang deket simpang lima. Biaya pasang itu berbeda beda namun perkiraan kisaran antara 4,5 s.d 10 jutaan. Bisa juga lebih. tanyakan pada dokter giginya dahulu untuk tau pastinya


0 Response to "Apa itu implan gigi dan apa bedanya dengan Gigi Palsu?"

Post a Comment