Pengertian Sederhana Eksoftalmus, Enoftalmus dan Nystagmus pada Gangguan Mata

Ketiga jenis gangguan mata tersebut biasanya akan dilakukan pemeriksaan ketika ada penjaringan anak sekolah, bisa di kelas 1 SD, kelas 7 SMP, dan kelas 10 SMA. Jadi pemeriksaan berjenjang dengan penjaringan kesehatan ini diharapkan mampu mendeteksi gangguan mata seperti eksoftalmus, enoftalmus dan Nystagmus. Nah disini karena kita akan menjelaskan hanya penjelasan sederhana saja maka mari kita ulas satu persatu :

apa itu pengertian eksoftalmus, enoftalmus dan nystagmus pada gangguan mata.

Apa arti dari Eksoftalmus.
Gangguan mata eksoftalmus ini adalah terjadinya penonjolan mata yang dapat terjadi pada 1 sisi atau 2 sisi yang disebabkan karena hipertiroidisme, yaitu kelenjar tiroid yang berlebihan Antara lain Peradangan, edema, tumor, atau trauma orbita.

Pengertian Enoftalmus
Secara sederhana enoftalmus artinya adalah kondisi bola mata yangmasuk kedalam. Jadi terlihat ambles orang awam menyebutnya. Kasus ini ditemukan pada sindroma horner dimana terjadi destruksi syaraf simpatik dengan gejala kelopak mata terlihat masuk ke dalam lubang mata, pupil mata mengecil, dan keluarnya keringat pada kening, gejala terakhir adalah kondisi kulit pipi pada mata yang sakit terlihat lebih tipis dan kurang.

Pengertian Nystagmus
Kalau gangguan mata yang terakhir ini secara sederhana artinya adalah gerakan bolak balik mata tanpa disadari, namun gerakannya berjalan secara teratur. Gerakan bisa horizontal, vertical dan kadang juga berputar.Penyebab dari gangguan mata yang satu ini adalah kelainan gerak bawaan, kondisi gangguan pada otak, akibat dair minum obat dan alkohol, dan multiple sklerosis pada tulang belakang. 

Ketiiga gangguan mata tersebut bisa saja terjadi pada orang di sekitar anda, jangan biarkan terlalu lama dan jika anda sudah tau segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat rujukan ke spesialis mata. Karena mata merupakan indera terpenting dalam tubuh kita maka kita juga wajib menjaganya agar tetap sehat dan bisa kita gunakan sampai tua nantinya. 

0 Response to "Pengertian Sederhana Eksoftalmus, Enoftalmus dan Nystagmus pada Gangguan Mata"

Post a Comment