Inilah Jenis Imunisasi Yang Sering Membuat Demam dan Tips Mengatasinya

Salah satu faktor penyebab demam pada anak adalah pemberian suntikan imunisasi. Demam setelah dilakukan imunisasi  adalah wajar dan biasa terjadi yang merupakan efek samping setelah pemberian suntikan imunisasi. Demam akibat imunisasi ini biasanya tidak akan bertahan lama, perkiraan sekitar 1-2 hari, Menurut keterangan salah seorang dokter imunisasi yang menyebabkan demam adalah DPT dan campak. Namun Standart Operasional setelah dilakukan imunisasi maka anak diharuskan untuk minum obat setelah imunisasi sebagai upaya pencegahan kejadian panas yang parah.
cara mengobati anak panas setelah imunisasi sekolah

Ibu dirumah harus tau apa yang harus anda lakukan jika anda menemui anak anda mengalami beberapa gejala seperti di bawah ini setelah diimunisasi di puskesmas atau dokter :

  • Anak akan menggigil karena tubuh sedang memproduksi panas sehingga menyebabkan suhu tubuh naik
  • Suhu tubuh sudah mencapai pada puncaknya, pada masa ini tubuh sedang memproses untuk menetralisir bibit penyakit
  • Tubuh berkeringat dan suhu tubuh mulai turun

Namun ada kalanya ibu terlihat panik dan kebingungan mau apa, ketika anak terjadi panas, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sendiri di rumah sbagai upaya pencegahan :
  • Air hangat untuk kompres, ini akan lebih baik daripada ibu menggunakan air es atau dingin, alasannya kenapa karena pernurunan suhu tubuh terlalu cepat juga tidak baik karena bisa menyebabkan kejang
  • Minum Obat penurun panas segera setelah imunisasi, bisa dilakukan di tempat imunisasi atau dirumah, namun tetap sesuai takaran umur, jangan berlebihan.
  • Periksa suhu tubuh menggunakan thermometer. Pastikan thermometer yang digunakan adalah thermometer jenis digital,thermometer jenis ini diketahui lebih akurat
  • Jika panas masih berlanjut usahakan anak utnuk mengenakan baju longgar dan tipis agar supaya suhu panas pada anak bisa keluar. Hindari mengenakan baju tebal atau selimut karena akan menghambat penurunan suhu badan.
  • Jika beberapa cara di atas namun anak masih panas tinggi dan suhu tidak turun ketika di cek maka segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat, Sebaiknya ke UGD saja.
Imunisasi sebenarnya aman aman saja dan terbukti juga memilkiki manfaat bagi anak, Sebaiknya orang ua juga tetap harus mendukung program pemerintah untuk melakukan imunisasi untuk menghindari juga penyebaran penyakit menluar yang berbahaya. Jangan hanya memikirkan diri sendiri namun juga tetap memikirkan orang lain. Dengan kita melakukan imunisasi maka kita juga akan menyelamatkan orang di sekitar kita dari penyakit berbahaya jika kita tidak di imunisasi.



0 Response to "Inilah Jenis Imunisasi Yang Sering Membuat Demam dan Tips Mengatasinya"

Post a Comment