Cara Menanam Daun Insulin Untuk Konsumsi Sendiri

Jika anda ingin melakukan penanaman daun insulin maka sebenarnya caranya sangatlah mudah, ibaratnya seperti kita menanam batang ketela pohon, jadi yang kita tanam adalah bagian pohonnya. Namun yang perlu anda ingat adalah ambil batang yang sudah tua atau bagian bawah, jangan yang bagian atas karena kemungkinan tumbuh baik akan kecil. Tanaman daun insulin ini banyak sekali ditemui di daerah bandung dan yang ke dua adalah jogjakarta karena sudah mulai budidaya tanaman ini sejak tahun 90 an. Namun kalau boleh kasi saran sebaiknya anda tanam sendiri saja tanaman ini. kalau nanti sudah berkembang banyak bisa anda kasihkan ke tetanggga sebelah atau bagus nya lagi bisa anda jual dalam bentuk daun kering.

cara tanam daun insulin di rumah / pot

Bagi anda yang memiliki tanah lapang mungkin tidak masalah, namun jika anda tinggal di rumah yang sempit dan berjejal, maka anda bisa menggunakan media pot untuk penanaman daun insulin ini. Usahakan dapat terkena matahari langsung karena akan merangsang pertumbuhan daun insulin lebih optimal. Media tanam juga harus subur, bisa anda berikan pupuk kandang sebagai persiapan. Berikut ini beberapa langkah mudah dalam menanam daun insulin jika anda ingin menggunakan pot :

  1. Siapkan pot, tanah dan pupujk kandang, campurkan pupuk dan tanah secukupnya, biarkan sekitar 1 minggu bercampur dan siram dengan air agar pupuk tidak panas.
  2. Cari bibit daun insulin dengan memotong bagian batang paling bawah, satu pot bisa anda tanam 2 batang jadi buat cadangan. Tancapkan batang tadi di pot yang sudah berisi campuran pupuk kandang dan tanah tadi
  3. Sirami setiap pagi dan sore hari
  4. Jika sudah menunjukkan adanya daun atau tunas kecil rajinlah di sirami, ranaman ini sebenarnya tidak ribet dan merepotkan karena mudah hidupnya
  5. Jika sudah selesai letakkan di bawah sinar matahari agar perkembangan lebih optimal.

Nah berikut adalah beberapa tips bagaimana cara merawat tanaman daun insulin di rumah terutama untuk konsumsi sendiri. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menanam Daun Insulin Untuk Konsumsi Sendiri"

Post a Comment