Inilah cara mandi dan merawat kulit yang benar bagi penderita diabetes

Kemandirian penderita diabetes merupakan hal yang penting, begitu juga dengan kegiatan sehari hari seperti ketika mereka mandi, maupun merawat kulit setelah manid. Bagi kita yang sheat mungkin mandi merupakan pekerjaan sehar hari yang mudah dan gampang, pakai lotion bebas, sabun juga bebas. Namun ternyata baiknya tidak begitu bagi mereka yang sudah terdiagnosa memiliiki penyakit gula darah atau diabetes. Perawatan kulit dan badan sangatlah perlu, dan mereka juga harus paham bagaimana cara mandi yang benar.
cara mandi dan merawat kulit yang benar

Mari kita mulai dari mandi, dimana setiap hari pendertia akan melakukannya, perhatikan beberapa hal berikut mengenai cara mandi yang benar bagi penderita diabetes, inti sebenarnya adalah bagaimana mengindari kulit penderita menjadi kering dan pecah pecah :

  • Hal pertama adalah jangan mandi terlalu lama, seperlunya saja karena kulit akan menjadi kering setelah mandi jika kita mandi terlalu lama
  • Sabun juga harus diperhatikan, gunakan sabun yang memiliki kandungan pelembab
  • Gunakan air hangat selama mandi agar lebih rileks, 
  • Ingat jangan gunakan air panas ketika mandi karena ini berbbahaya, pada bagian tertentu pada penderita diebetes ada yang bahal atau mati rasa, jika mereka tidak dapat merespon panas berlebihan maka bisa terjadi luka bakar atau melepuh karena air terlalu panas.
  • Bagi anda yang menggunakan penghangat mesin, atau water heater sebaiknya diambilkan dahulu oleh orang rumah dan taruh di bak atau ember, jangan langsung karena takutnya terlalu panas.


Selanjutnya bagimana dengan hal hal yang kita lakaukan setelah mandi, ini ubungannya dengan kulit, apakah kita juga boleh menggunakan hand body lotion seperti orang normal :

  • Sebenarnya sama saja seperti orang normal, orang DM juga boleh menggunakan lotion untuk menjaga kelembaban. Namun juga jangan terlalu berlebihan
  • Yakinlah anda periksa semua bagian dari tubuh anda apakah ada bintik, atau bendjolan yang berisi air atau nanah. Jika ada sebaiknya anda rencanakan untuk segera pergi ke dokter. 
  • Pad alipatan lipatan kulit usahakan untuk menggunakan jenis bedak, kalau anda takut alergi anda bisa gunakan bedak ringan seperti bedak bayi. 
  • Jangan menggaruk kulit yang gatal atau kering, cukup anda tepuk saja, karena akan berakibat buruk menjadi luka terbuka
  • jika anda mengalami luka akibat tersandung atau kena pisau sebaiknya anda segera lakukan pembersihand engan sabun antiseptik. dan lanjutkan dengan langkah menutup dengan perban agar tidak terkena kotoran.
Nah berikut adalah tips perawatan kulit mulai dari anda mandi sampai anda melakukan perawatan setelah mandi. Semoga bermanfaat agi kita semua.



0 Response to "Inilah cara mandi dan merawat kulit yang benar bagi penderita diabetes"

Post a Comment