Bagaimana rasanya saat dibersihkan karang gigi kita, Sakit atau tidak?

Barangkali ada yang takut atau masih mengurungkan niat untuk melakukan pembersihan karang gigi, mungkin cerita ini kan sedikit mengurangi katakutan anda, ditambah lagi dengan akibat dan bahaya karang gigi bagi diri kita dan secara tidak langsung bisa juga merugikan orang orang di sekitar kita. Pengertian karang gigi sendiri adalah endapan keras yang ada di permukaan gigi, bisa sedikit, bisa juga banyak menutupi seluruh permukaan gigi. Normalnya 6 bulan karang gigi sudah muncul walaupun hanya sedikit karena perngaruh dari ph ludah, jika kita tidak rajin gosok gigi maka pembentukan karang gigi akan lebih cepat.

contoh karang gigi masih sedikit dibelakang gigi depan


Kembali ke topik tadi, bagaimana rasanya saat dibersihkan karang gigi oleh dokter gigi dengan menggunakan alat pemecah karang, (alat itu disebut scaller). Alat ini adalah alat yang bergetar cepat dengan gerakan ultrasonic sehingga ketika ditempelkan pada permukaan karang gigi akan pecah, sehingga bisa lepas dari permukaan gigi. Karang gigi ini tidak akan bisa lepas dengan tusuk gigi, benang gigi, atau bahkan benda tajam, kecuali alat kedokteran gigi. Jika anda tidak ahli maka bisa saja menimbulkan infeksi.
Rasa yang muncul ketika dibersihkan pada umumnya adalah rasa linu, ini sudah pasti karena karang gigi ini letaknya di area batas gigi dan gusi, jadi alat tersebut akan menyentuh bagian sensitif gigi sehingga menimbulkan efek linu. Rasa selanjutnya adalah rasa asin karena keluarnya darah dari bekas karang gigi yang lepas, kondisi gusi yang tertempel karang gigi biasanya mengalami radang sehingga akan menimbulkan darah keluar. Tapi ga begitu sakit kalau yang ini. Jangan takut kalau darah keluar ini hanya proses sebentar nanti akan sembuh dan nutup kembali, ini juga bisa menjadi pertanda setelah karang gigi hilang maka radang gusi otomatis akan sembuh juga.
Kalau banyak yang bilang bersihkan karang sakit memang benar, sakitnya itu linu, cuma kalau saran kami sebaiknya anda tahan sebentar, karena ini juga demi kebaikan anda semua. Akibat dari karang gigi juga tidak ringan, misalnya :
gigi lama kelamaan akan goyang karena rusaknya jaringan penyangga gigi akibat ditempeli karang gigi

  1. Bau nafas yang mengganggu orang di sekitar kita.
  2. Penampilan menjadi jelek, kurang menarik, bayangkan saja ada hitam dan kotor di bagian depan gigi. tentu akan sangat merusak pemandangan.
  3. Pada pasien diabetes akan memperparah kondisi gigi semakin goyang
  4. Dapat menmbulkan infeksi dan bernanah
Nah beritulah bahayanya, jangan sampai anda memelihara itu karang gigi, 6 bulan sekali lakukan pembersihan karang gigi, jika anad pengen irit maka kunjungilah klinik gigi di puseksmas karena tarif akan lebih murah sesai dengan PERDA daerah tersbut. Biaya pembersihan karang biasana dihitung per rahang, rahang bawah atau atas. Biaya yang harus anda keluarkan adalah dalam satu rahang sekitar 60 ribuan, kadi kalau semua rahang atas bawah biayanya bisa 120 ribuan




0 Response to "Bagaimana rasanya saat dibersihkan karang gigi kita, Sakit atau tidak?"

Post a Comment