Pengertian penyakit tidak menular (PTM) dan Jenis Contohnya

Penyakit tidak menular adalah jenis penyakit yang terjadi karena faktor keturunan, atau juga karena faktor gaya hidup yang tidak sehat. Ingat bahwa penyakit tidak menular berarti tidak bisa ditularkan seperti pengertian dari penyakit menular. Dimana penyakit atau kumanya bisa menular ke orang lain dari meia udara, cipratan ludah, bersin, air, baju yang dipakai, alat makan dll. Penyakit tidak menular sebenarnya juga memiliki pengaruh yang sama bahayanya jika tidak di manaj dengan baik. Misalnya diabetes jika orang yang mengalami DM tidak rajin kontrol maka yang terjadi adalah kondisi gula darahnya bisa sangat tinggi, atau juga bisa sangat rendah. Dia juga tidak bisa memperkirakan berapa asupan makan yang bisa dia konsumsi setiap harinya. Maka dari itu Kita harus bisa merubah pola hidup tidak sehat kita menjadi pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan.
obesitas meningkatkan resiko PTM

Di Puskesmas saat ini juga sudah ada program tersendiri untuk menjaring dan untuk memanajemen penyakit tidak menular di masyarakat, wadahnya bisa disebut dengan Posbindu, pesertanya bisa dari kader dan masyarakat yang biasanya menjadi tempat dan wadah share mengenai keluhan keluhan yang dirasakan, pemriksaan lab sederhana, dan juga rujukan jika diperlukan pengobatan lebih lanjut.
Nah seperti judul di atas saya juga akan memberikan contoh jenis jenis penyakit PTM yang mungkin juga di alami oleh orang orang di sekitar kita :

  1. Diabetes Melitues
  2. Hipertensi
  3. Jantung
  4. Sariawan
  5. Rematik
  6. Osteoporosis, dll

Beberapa penyakit tidak menular di atas pastinya sangat membutuhkan tenaga kesehatan dalam rangka upaya pencegahan, misalkan dengan penyuluhan dengan orang tersebut karena dengan pengetahuan akan dapat merubah mindset dai tidak baik menjadi lebih baik, Prinsip utama dalam rangka pencegahan PTM adlah dengan merubah gaya hidup yang tidak sehat menjadi gaya hidup sehat, misal dengan jalan santai, lari pagi, senam dll. Jangan hanya mengandalkan obat karena terlalu banyak obat juga akan merusak organ karena efek sampngnya.

0 Response to "Pengertian penyakit tidak menular (PTM) dan Jenis Contohnya"

Post a Comment