Mengenal Pengobatan Canggih Batu Saluran Kemih Selain Operasi


Sejarah pengobatan batu saluran kemih memang dilakukan dengan operasi, namun saat ini ada pengobatan dengan endoskopis dan secara non invasif yang disebut extracorporeal shock wave lithotrispy (ESWL). Apa pengertian dan apa saja keuntungan dibanding operasi terbuka.
Dengan kemajuan-kemajuan yang banyak dicapai dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, maka ilmu kedokteran juga turut menikmati kemajuan-kemajuan yang telah dicapai tersebut, diantaranya adalah pengobatan batu saluran kemih.
Pada masa-masa yang lalu, bila batu saluran kemih tak berhasil diobati secara konservatif atau sudah didapati indikasi untuk dioperasi, maka tindakan operasi terbuka merupakan satu-satunya cara pengobatan, pada saat ini operasi terbuka sudah dapat diganti dengan operasi endoskopis atau pengobatan non invasif dengan memakai Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy. Setelah ditemukan alat sistoskopi maka batu bull-bull dapat dipecahkan secara mekanik, elektrohidroli, ultrasonik dan laser.
Pada tahun 1980 ditemukan alat uretroskop sehingga batu di dalam saluran ureter terutama bagian bawah dapat dikeluarkan dengan basket secara visual, atau dapat pules batu-batu itu dipecahkan secara elektrohidrolik, ultrasonik dan laser.
Kemudian ditemukan teknik membuat saluran nefrokutan sehingga melalui saluran ini dapat dimasukkan nefroskop sehingga batu-batu ginjal yang kecil dapat dikeluarkan, sedangkan batu-batu yang lebih besar dapat dikeluarkan dengan memcahkannya terlebih dahulu secara ultrasonuk atau laser.
Kemudian ditemukan kembali pengobatan saluran kemih secara non invasif yang disebut extracorporeal shock wave lithotrispy (ESWL). Yang dapat digunakan untuk memecahkan batu di seluruh saluran kemih. 
Dengan pengobatan endoskopis dan ESWL memiliki keuntungan dibandingkan dengan pengobatan operasi terbuka yang biasanya dilakukan dokter pada masa lalu, antara lain :
  • Rasa sakit yang dirasakan pasien akan lebih ringan karena tidak membuka jaringan terlalu luas.
  • Masa perawatan pasca operasi lebih pendek,
  • Mengurangi morbiditas dan mortalitas karena resiko operasi juga besar.

0 Response to "Mengenal Pengobatan Canggih Batu Saluran Kemih Selain Operasi"

Post a Comment