5 Cara Jitu Mencegah Batu Ginjal dan Saluran Kemih


Setelah kemarin membahas beberapa hal mengenai dibates maka hari ini saatnya kita kembali membahas tentang cara pencegahan pada batu ginjal atau saluran kemih. Apasaja cara yang bisa anda lakukan untuk upaya pencegahan sejak dini sehingga tidak berakibat fatal pada kesehatan saluran kemih anda. Hari ini merupakan hari yang pas untuk memperingati hari ginjal sedunia yaitu kamis mingggu ke dua pada bulan maret. Yah semoga dengan pengetahuan bisa mencegah kerusakan ginjal kronis di indonesia yang saat ini semakin banyak dan perlu adanya upaya pencegahan yang nyata. Berikut ini adalah pendapat mengenai cara mencegah batu ginjal yang berbahaya tentunya :

a. Para ahli berpendapat bahwa: minum air yang banyak adalah satu-satunya modifikasi gizi/diet yang disetujui di seluruh dunia yang dapat dianjurkan untuk segala jenis batu. Dengan meningkatnya jumlah air kemih, maka kadar kandungan-kandungan ion dan kejenuhan dari ikatan-ikatan pembentuk garam akan berkurang juga. Jumlah yang dianjurkan adalah sejumlah yang dapat menghasilkan minimal 2 liter air kemih/24 jam. Semua jenis minuman pada dasarnya diperbolehkan kecuali susu, teh dan lain-lain yang dapat menyebabkan ekskresi oksalat yang tinggi.

b. Makanan yang mengandung oksalat.
Kurang lebih 10% dari ekskresi oksalat dalam air kemih berasal dari makanan.
Jenis makanan yang dflarang/dibatasi adalah jenis dun-daun yang berwarna, antara lain: bayam, teh, coklat, kacang-kacangan. Vitamin C dilarang melebihi 1 gram/hari.

c. Makanan yang mengandung kalsium.
Pembatasan yang baku (< 400 mg/hari) adalah hal yang sangat sulit diikuti, karena dapat memperburuk gizi secara umum menyebabkan keselmbangan kalsium ke arah negatif (negative calcium)  

d. Pembatasan garam (sodium).
Makin tinggi konsumsi garam, makin tinggi pula, kemungkinan ekskresi kalsium dalam air kemih yang dapat mempermudah terbentuknya: kristalisasi ikatan kalsium urat oleh sodium. Hal lain yang dapat terjadi pada konsumsi sodium yang tinggi adalah menurunnya ekskresi sitrat. Anjuran kepada penderita adalah 100 mg atau 5.85 gram garam dapur. Jumlah ini dianggap sudah cukup untuk penderita batu kalsium.

e. Protein Hewani
Membatasi secara baku adalah kurang praktis, pada umumnya yang dapat dianjurkan adalah 1,5 - 1,7 gram/kg Berat Badan, terutama untuk penderita batu kalsium.

0 Response to "5 Cara Jitu Mencegah Batu Ginjal dan Saluran Kemih"

Post a Comment