Apa Akibat Yang Ditimbulkan Dari Batu Asam Urat dan Cystin Yang Berlebihan


Mengenal pengertian, gejala dan akibat dari batu asam urat dalam gangguan saluran kemih sebagai penyebab gagal ginjal.
Berbagai penyakit pada ginjal apalagi yang menahun dapat mengakibatkan timbulnya kerusakan yang menetap pada ginjal. Pada tingkat kerusakan yang parah di mwmbuat fungsi ginjal tinggal sekitar 5% atau kurang maka seseorang mau tidak mau atau terpaksa harus menjalani program yang ditakutkan banyak orang yaitu pengobatan cuci darah (hemodialisis) atau solusi lain namun mahal kemudian harus mencari ginjal untuk cangkok ginjal (transplantasi) sebagai Jalan keluar yang lain. Salah satu penyebab kerusakan ginjal adalah Penyakit Batu Ginjal dan Saluran. Kemih(GSK). Kejadian ini bukanlah sesuatu yang baru tetapi sudah ada sejak lama.

Nah mari kita mengenal 2 saja salah satu batu yang menyebabkan gangguan saluran kemih yang berakibat pada gagal ginjal yang berujung pada kematian. Apa saja itu :
Pengertian Batu Asam Urat
Batu asam urat ini Terdapat pada 5-20% pasien batu, bervariasi dan sangat berlainan dari suatu daerah ke daerah lain. Ratio L : W adalah 3-4 : 1. Dapat terbentuk sebagai batu kandung kemih. Batu Asam Urat tidak tampak pada foto polos (radiolucent Rontgen). Separoh dari pasien jenis batu ini menderita Gout, yaitu suatu kumpulan penyakit yang berhubungan dengan naiknya atau menumpuknya asam urat. Pada penyakit jenis batu ini pasien sudah mengetahui karena gejala sudah dapat timbul dini karena endapan/kristal asam urat (sludge) dapat menyebabkan keluhan berupa nyeri hebat (colic), karena endapan tersebut menyumbat saluran kencing.

0 Response to "Apa Akibat Yang Ditimbulkan Dari Batu Asam Urat dan Cystin Yang Berlebihan"

Post a Comment