Gejala dan DIagnosis Pada Batu Ginjal Saluran Kemih (GSK)


Gejala dan Diagnosis Pada penderita Batu GSK yang masih awal dan sudah parah dan apa saja pengobatan yang akan dilakukan oleh dokter dan pemeriksaan pendukungnya. Untuk pengobatan GSK tersebut. Silahkan bisa anda baca di artikel kami ini :
Gajala awal yang paling terlihat adalah pasien akan meraung-raung kesakitan. Rasa nyeri tidak berkurang dengan perubahan posisi badan. Nyeri pada pinggang dapat demikian hebat, sehingga pada pemeriksaan bila tangan menyentuh pinggang rasa nyeri sudah timbul. Kadang-kadang dinding perut menjadi sangat peka (hiperestesia). Pada gejala yang lebih ringan nyeri baru terasa bila kita mengetok pinggang.

Kadang-kadang terdapat gejala seperti ada sesuatu iritasi kandung kemih antara lain mendadak ingin kencing, berulang-ulang kencing, nyeri pada saat kencing. Rasa nyeri sering disertai rasa mual dan muntah, Selain itu rasa ingin b.a.b (buang air besar). Jarang terjadi demam kecuali bila terdapat infeksi ginjal.

Selain itu gejala dapat berawal dari kencing yang berdarah (hematuria) dapat disebabkan antara lain karena Batu, Tumor ginjal, Kista ginjal, TBC ginjal dan sebagainya. Gejala-gejala tersebut di atas dapat timbul pada saat batu masih kecil, tetapi dapat juga pada saat batu sudah besar bahkan dapat pada saat ginjal sudah mengalami kerusakan. Tetapi dilain pihak ada pasien-pasien batu yang sudah menderita peyakit batu dengan ukuran yang besar, dan keadaan ginjal yang sudah rusak, ditemukan penyakitnya karena kebetulan memeriksakan diri untuk maksud lain, artinya sama sekali tidak tampak gejala maupun tidak terasa ada gangguan.
Pemeriksaan-pemeriksaan. Selain pemeriksaan fisik, dilakukan pemeriksaan sinar rontgen dan laboratorium.

  • Pemeriksaan sinar rontgen dapat terdiri dari foto polos/biasa, foto dengan kontras (FVP, retrograde pyelography), CT scan. Selain itu kadang-kadang diperlukan juga pemeriksaan USG (gelombang ultrasonik)
  • Pemeriksaan laboratorium, darah, air kemih, analisis batu GSK yang sudah keluar.
  • Pada foto IVP (Intra Venous Pyelography) ini dapat diananalisis
  • letak batu
  • ada tidaknya sumbatan, derajat sumbatan
  • keadaan ginjal: ukuran ginjal, berfungsi/tidaknya ginjal, kerusakan yang sudah ada.
Bila pasien batu GSK datang pada Dokter, maka dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan yang pada dasarnya bertujuan:
1. Menetapkan diagnosis
2. Menetapkan golongan penyakit batu
3. Mencari faktor risiko yang mempengaruhi pembentukan batu
4. Menetapkan pengobatan medis dengan atau tanpa bedah untuk menghilangkan batu serta mencegah kekambuhannya.


0 Response to "Gejala dan DIagnosis Pada Batu Ginjal Saluran Kemih (GSK)"

Post a Comment