Infeksi Saluran Kemih : Berikut Penyebab, Gejala dan Pengobatannya.


Sel darah merah (eritrosit). sel darah putih (lekosit) dan zat putih telur (protein) bisa terdapat dalam urin Infeksi ini disebabkan oleh terdapatnya bakteri patogen dalam jumlah yang bermakna di saluran kemih, biasanya kuman gram negatif yang berasal dari saluran pencernaan (bakteritiria bermakna). Contoh urin untuk pembiakan harus sesedikit mungkin terkontaminasi oleh permukaan luar alat urogenital. Urin yang ditampung adalah porsi tengah dan pada wanita alat vital luar dibersihkan terlebih dahulu dengan Kasa steril.
Jumlah koloni bakteri lebih dari atau sama dengan 100.000/ml memastikan adanya infeksi saluran kemih. Kuman yang biasanya ditemukan adalah E.coli, dan bila ada sumbatan atau batu bisa dijumpai kuman lain seperti Klebsiela, Enterobakter atau Proteus.
Bakteriuria bermakna tidak selalu menimbulkan gejala yang disebut bakteri uri tanpa gejala. Bila disertai gejala, maka gejala yang timbul tergantung letak infeksi. Pasien dengan infeksi saluran kemih bagian bawah yaitu infeksi kandung kemih dan saluran kandung kemih (uretra) biasanya mengeluh kencing sakit, sering tapi sedikit-sedikit dan disertai rasa panas serta nyeri tekan suprapublik. Keluhan infeksi saluran kemih bagian atas yaitu pielonefritis adalah nyeri pinggang yang sangat, demam yang biasanya cukup tinggi, akibatnya menggigil, mual dan muntah.
Penting dicari faktor predisposisi terutama pada anak, pria atau wanita dengan infeksi yang menetap.
Dengan mengobati atau memperbaiki faktor predisposisi dapat diusahakan pencegahan infeksi saluran kemih. Untuk pengobatan pada pasien yang sering mengalami infeksi saluran kemih berulang dapat diberikan antibiotika dosis rendah untuk pencegahan. Bagi anda yang mengalami gejala seperti di atas sebaiknya segera periksakan ke dokter.

0 Response to "Infeksi Saluran Kemih : Berikut Penyebab, Gejala dan Pengobatannya."

Post a Comment