Gagal Ginjal Akut dan Kronis : Mari Kenal Lebih Dekat Apa Penyebabnya?


Mari belajar lebih dekat mengenai proses terjadinya gagal ginjal akut dan kronis dan kira-kira apa yang menyebabkan itu terjadi. 

A. GAGAL GINJAL AKUT
Gagal ginjal akut berarti penurunan fungsi ginjal secara mendadak, biasanya dalam beberapa hari.Penyakit ini bisa terjadi pada ginjal yang sebelumnya sehat atau memang sudah ada kelainan, dan biasanya disertai penurunan jumlah urin (oliguri) atau tidak ada urin sama sekali (anuri). Kadang-kadang jumlah urin tak berkurang. Tetapi pada semua jenis gagal ginjal akut terjadi peninggian kadar ureum dan kreatinin darah dalam beberapa hari.
Jika kita lihat Penyebab DARI GAGAL GINJAL AKUT adalah prerenal, renal dan posrenal. Penyebab gagal ginjal akut prerenal biasanya pada keadaan kekurangan cairan ekstraseluler seperti muntah berak yang disertai kekurangan cairan. Penyebab renal biasanya glomerulonefritis yang perjalanannya cepat progresif atau karena obat nefrotoksik. Penyebab posrenal biasanya adalah sumbatan pada saluran kemih.
Usaha pencegahan yang bisa dilakukan misalnya dengan mengobati muntah berak dan jangan sampai kekurangan cairan. Selain itu jugs harus hati-hati dalam menggunakan obat atau zat lain yang nefrotoksik.

B. GAGAL GINJAL KRONIK
Penyakit ini disebabkan oleh kerusakan nefron yang progresif dan tidak bisa sembuh kemball. Waktu timbulya ginjal kronik ini berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Penyebab gagal ginjal kronik adalah glomerulonefritis yaitu sumbatan karena batu dan infeksi, kencing manis, penyakit pembuluh darah, ginjal kistik - (adanya gelembung berisi cairan pada ginjal), penyakit jaringan ikat, karena obat, penyakit bawaan keturunan dan lain-lain.
Tanda dan Gejala gagal ginjal kronis pada Pemeriksaan laboratorium menunjukkan peninggian kadar ureum dan kreatinin darah serta penurunan nilai tes kliren kreatinin. Bila fungsi ginjal sudah kurang dari 5% gejala seinakin nyata dan bisa disertai sesak nafas karena Pada keadaan gagal ginjal terminal ini perlu dilakukan terapi pengganti seperti hemodialisis (cuci darah) atau dialisis peritoneal atau transplantasi (cangkok) ginjal. Usaha pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan mengobati penyakit gagal ginjal kronik, misalnya, penyakit batu ginjal harus segera diobati, bila perlu operasi, sebelurn menimbulkan kerusakan ginjal menetap. Penyakit kencing manis, darah tinggi atau infeksi harus diobati sebaik-baiknya. Jangan trrlalu banyak rx-jinum obat analgetik atau bahan lain.

0 Response to "Gagal Ginjal Akut dan Kronis : Mari Kenal Lebih Dekat Apa Penyebabnya?"

Post a Comment