4 Faktor Kimiawi Penyebab Batu Kristal Yang Berakibat Gagal Ginjal


Penyebab batu kristal pada saluran kemih jika tidak diberikan pertolongan dengan baik maka akan berakibat buruk ke depannya. Maka tidak ada salahnya kita mengenal lebih dekat apa saja faktor penyebabnya tersebut. Pembentukan batu pada dasarnya terjadi karena terbentuknya kristal yang disebabkan beberapa keadaan fisika dan kimiawi:
1. Supersaturasi
2. Berkurangnya inhibitor (pencegah) kristal
3. Keasaman (pH) air keinih yang menetap
4. pertumbuhan sekunder kristal
Nah disini kami akan menjelaskan satu persatu faktor di atas, sebenarnya apa yang disebut supersaturasi, inhibitor kristal, dan pertumbuhan sekunder kristal sebagai penyebab gagal ginjal jika tidak di obati dengan baik.
1. Supersaturasi
Terjadi karena meningkatnya pengeluaran (excresi) zat tersebut dari ginjal, atau berkurangnya volume pelarut (air kemih). Contoh: asam urat.
2. Inhibitor kristal
Inhibitor kristal menghambat pembentukan kristal atau menghambat pertumbuhan kristal.
Contoh: citrate, pyrophosphate, magnesium, glycopeptide, zinc, ribonucleic acid, chondroitin sulfate, urea, alanine. Bila seseorang mengalami penurunan kadar inhibitor, maka pembentukan kristal menjadi lebih mudah karena tidak ada yang menghambat.
3. Keasaman air kemih
Bila air kemih menjadi asam (pH turun) dalam jangka lama maka beberapa zat seperti asam urat akan mengkristal. Sebaliknya bila air kemih menjadi basa (pH naik) maka beberapa zat akan mengkristal, misalnya: Kalsium fosfat, apatite, dan sebagainya.
4. pertumbuhan sekunder kristal
Terjadi pembentukan kristal  yang terikat pada sesuatu kristal jenis lain yang sudah terlebih dulu. Kristal yang sudah ada tersebut memacu terbentuknya kristal  jenis lain, misalnya kristal asam urat, kemudian bertambah dengan kalsium oxalat.

0 Response to "4 Faktor Kimiawi Penyebab Batu Kristal Yang Berakibat Gagal Ginjal"

Post a Comment