Apa Sih Sebenarnya Gagal Ginjal Kronik Karena Batu dan Sumbatan Saluran Kemih,


Kali ini sahabat diabets kami akan membahas tentang pengertian dan gejala penyakit batu saluran kemih dan juga sumbatan saluran kemih, dan apa sih yang menjadi akibat sumbatan terhadap fungsi ginjal, dan lama sumbatan, bilateral atau unilateral dan komplit atau parsial.

1. BATU SALURAN KEMIH
Batu bisa terdapat di ginjal, saluran ginjal (ureter), kandung kemih atau saluran kandung kemih (uretra). Penyakit ini sudah pasti ada bila kencing, keluar batu, terlihat batu pada foto Rontgen atau sudah dikeluarkan dengan operasi atau litotripsi. Batu atau pasir yang keluar sebaiknya diperiksa di laboratorium untuk menentukan jenis batunya. Pada umumnya batu ginjal tidak menimbulkan keluhan. Gejala yang mungkin timbal berupa sakit pinggang atau perut bila batu menyumbat ureter. 
Rasa sakit (kolik) ini bisa menyebabkan pasien sangat menderita, mengerang- ngerang bahkan berguling-guling. Sewaktu serangan sakit pada bagian sekeliling pinggang, kadang bisa terjadi air seni keluar darah karena terjadi pergesekan antara batu dengan dinding saluran yang menimbulkan lecet. Serangan kolik ini biasanya di tandai yaitu sakit pinggang dan atau sakit perut tersebut hilang timbul, jadi ada masa bebas sakit dan ada maser kesakitan. Batu saluran kemih terdiri dari kalsium, asain urat, sistin atau struvit (magnesium amonium fosfat).

2. SUMBATAN SALURAN KEMIH
Penyakit ini merupakan penyebab gagal ginjal kronik yang penting. Akibat sumbatan terhadap fungsi ginjal, tergantung pada lama sumbatan, bilateral atau unilateral dan komplit atau parsial. Sumbatan bisa terjadi sepanjang saluran kemih mulai dari piala ginjal, sumbatan saluran kemih atau pembesaran kelenjar prostat. Bila sumbatannya di bagian bawah saluran kemih, biasanya terjadi pengumpulan urin di kandung kemih tanpa bisa dikeluarkan dengan biasa (retensio urine). Sumbatan di bagian atas saluran kemih dipastikan dengan pemeriksaan foto - pielografi intravena dan bila perlu pielografi retrograd atau antegrad. Penyumbatan saluran kemih yang menimbulkan static urin merupakan faktor predisposisi infeksi saluran kemih berulang.
Usaha pencegahan dan pengobatan yang bisa anda dilakukan adalah dengan mengobati atau membuang penyakit yang menimbulkan sumbatan ini.  Telah dibicarakan berbagai penyakit ginjal yang lazim dan beberapa usaha pencegahan yang bisa dilakukan. Berbagai penyakit ginjal ini bila tidak diobati dengan baik, kemungkinan besar akan menimbulkan gagal ginjal kronik dan akhirnya gagal ginjal terminal. Pada face terminal ini pasien memerlukan pengobatan pengganti seperti hemodialisis, dialisis peritoneal atau cangkok ginjal.

0 Response to "Apa Sih Sebenarnya Gagal Ginjal Kronik Karena Batu dan Sumbatan Saluran Kemih, "

Post a Comment